MENINGKATKAN KETERAMPILAN TEKNIK PASSING ATAS MELALUI LATIHAN LEMPAR TANGKAP BOLA PADA SISWA KELAS VII SD NEGERI 78 BENGKULU SELATAN TAHUN AJARAN 2012/2013

Aprinato, Yoki and Hartanto, Hartanto and Tono , Sugihartono (2013) MENINGKATKAN KETERAMPILAN TEKNIK PASSING ATAS MELALUI LATIHAN LEMPAR TANGKAP BOLA PADA SISWA KELAS VII SD NEGERI 78 BENGKULU SELATAN TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan .

[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP-1-13-yok-FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (Thesis)
I,II,III-1-13-yok-FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan passing atas siswa melalui latihan lempar tangkap bola. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI SD N 78 Bengkulu Selatan Tahun Ajaran 2012/2013.Alat pengumpul datanya berupa tes hasil belajar. Data tersebut dianalisis secara diskriptif kuantitatif. Hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan dengan menerapkan latihan lempar tangkap bola untuk meningkatkan kemampuan passing atas siswa di kelas VI SD N 78 Bengkulu Selatan menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II sampai kesiklus III. Pada siklus I rara-rata skor aktivitas siswa 25 dan pada siklus IImeningkat sebesar 26 sampai pada siklus III meningkat menjadi 29,5,Sebelum diadakan tindakan ketuntasan klasikal belajar siswa adalah17,3% dan pada siklus I menjadi 34,8%, sedangkan sebelum diadakan tindakan siklus II ketuntasan klasikal belajar siswa adalah 43,8% dan pada siklus II menjadi 52,2%, kemudian sebelum diadakan tindakan siklus III ketuntasan klasikal belajar siswa adalah 69,6% dan pada siklus III ketuntasan klasikal belajar siswa menjadi 91,3%. Dari hasil penelitian yang dilakukan dan memperoleh kesimpulan, dengan menerapkan metode lempar tangkap bola pada pembelajaran passing atas aktivitas belajar siswa adalah aktif, dan hasil belajar siswa pada materi passing atas adalah tuntas. Penelitian lebih lanjut disarankan subjeknya diperluas pada kelas lainnya.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: ?? def_phi ??
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 30 Dec 2013 00:29
Last Modified: 30 Dec 2013 00:29
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/5879

Actions (login required)

View Item View Item