Aprianto , Aprianto and Johanes, Safri and Alexon, Alexon (2013) PENGGUNAAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBANTUAN SUPLEMEN BAHAN AJAR BAHASA INGGRIS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. Masters thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.
Text (Thesis)
I,II,III,1-13-apr.fi.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (3MB) |
|
Text (Thesis)
IV,V,LAMP,1-13-apr.fi.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (3MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengimplementasikan model pembelajaran contextual teaching and learning berbantuan suplemen bahan ajar bahasa inggris untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK), metode eksperimen dan kontrol atau sering juga disebut dengan metode kuasi eksperimen yang dilaksanakan di tiga kelas di SMAN 1 Taba penanjung Kabupaten Bengkulu Tengah, dimana kelas XI IPS 1 Sebagai Kelas PTK, XI IPS 2 Sebagai Kelas Eksperimen , dan Kelas XI IPA sebagai Kelas Kontrol. Setelah dilakukan penelitian sebanyak tiga siklus di kelas XI IPS 1 SMAN 1 Taba Penanjung, diketahui bahwa kemampuan guru dalam mengimplementasikan model pembelajaran selama dilakukan penerapan mengalami peningkatan yang signifikan. Disamping itu penguasaan siswa terhadap materi pembelajaran yang disampaikan oleh guru juga mengalami peningkatan yang signifikan. Hal ini menunjukan bahwa implementasi model pembelajaran kontekstual berbantuan suplemen bahan ajar bahasa inggris dapat meningkatkan penguasaan siswa pada materi pembelajaran, secara signifikan. Hal itu tentu sangat dipengaruhi oleh kemampuan guru yang baik dalam pembelajaran, karakteristik siswa yang kuat untuk belajar, lingkungan yang kondusif, dan pola fikir yang baik. Penelitian ini juga menghasilkan sebuah model pembelajaran kontekstual berbantuan suplemen bahan ajar bahasa inggris yang bersifat generik, artinya bahwa sangat dimungkinkan model pembelajaran ini untuk digunakan di kelas yang sama pada sekolah lain yang mempunyai karakteristik yang identik dengan kelas PTK dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program > Magister Administrasi / Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | 021 Nanik Rachmawati |
Date Deposited: | 26 Jan 2014 00:23 |
Last Modified: | 26 Jan 2014 00:23 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/5883 |
Actions (login required)
View Item |