MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGGIRING BOLA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENTS TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS PADA SISWA KELAS VIII E SMP NEGERI 06 BENGKULU

Kurniawan , Meison Dwi and Sugiyanto , Sugiyanto and Dian, Pujianto (2013) MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGGIRING BOLA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENTS TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS PADA SISWA KELAS VIII E SMP NEGERI 06 BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
I,II,III,3-13-mei.FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)
[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP,3-13-mei.FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah melalui model pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan keterampilan teknik menggiring bola dalam pembelajaran penjas. Model pembelajaran yang digunakan untuk menjawab tujuan penelitian tersebut digunakan model kooperatif tipe STAD. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII E SMPN 06 Kota Bengkulu yang berjumlah 30 orang. Yang terdiri dari 16 siswa putra dan 14 siswa putri. Hasil penelitian pada pra-siklus diketahui bahwa sebagian besar siswa belum memahami teknik sehingga nilai keterampilannya untuk siswa adalah 40% kategori kurang. Pada siklus pertama dengan penerapan model Kooperatif tipe STAD. Didapat nilai keterampilan siswa adalah 57% dengan kategori cukup. Pada siklus kedua terjadi peningkatan hasil belajar adalah 76,7% dengan kategori baik. Meningkatnya keterampilan siswa dalam melakukan teknik menggiring pada permainan sepak bola sebagai pengaruh dari penerapan model pembelajaran kooperatif Tipe STAD. Berdasarkan hasil di atas maka disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD terbukti dapat meningkatkan keterampilan teknik menggiring siswa pada permainan sepak bola.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: ?? def_phi ??
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 03 Jan 2014 14:55
Last Modified: 03 Jan 2014 14:55
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/6109

Actions (login required)

View Item View Item