PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS ISI DONGENG KEMBALI SISWA KELAS VII 6 RSBI SMP NEGERI 01 KOTA BENGKULU TAHUN PELAJARAN 2012/2013 MELALUI PENGGUNAAN MEDIA FILM (PENELITIAN TINDAKAN KELAS)

Crista, Anggilia Jani and Susetyo, Susetyo and Amril, Canrhas (2013) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS ISI DONGENG KEMBALI SISWA KELAS VII 6 RSBI SMP NEGERI 01 KOTA BENGKULU TAHUN PELAJARAN 2012/2013 MELALUI PENGGUNAAN MEDIA FILM (PENELITIAN TINDAKAN KELAS). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, FKIP Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Thesis] Text (Thesis)
I,II,III-1-13-ang-FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)
[thumbnail of Thesis] Text (Thesis)
IV,V,LAMP-1-13-ang-FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis isi dongeng kembali siswa kelas kelas VII 6 RSBI SMP Negeri 01 Kota Bengkulu tahun pelajaran 2012/2013 melalui penggunaan media film. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November hingga bulan Desember 2012 di kelas VII 6 RSBI SMP Negeri 01 Kota Bengkulu yang berjumlah 28 orang siswa, terdiri atas 8 orang siswa laki-laki dan 20 orang siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi (pengamatan) dan tes. Anlisis data penelitian menggunakan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menulis isi dongeng kembali siswa kelas VII 6 RSBI SMP Negeri 01 Kota Bengkulu melalui penggunaan media film dapat meningkat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan dari siklus I ke siklus II berdasarkan nilai ratarata meningkat sebesar 4,25% dan ketuntasan belajar klasikal meningkat sebesar 21,4%. Peningkatan kemampuan menulis isi dongeng kembali siswa juga dapat dilihat pada siklus I dengan nilai rata-rata 79,5% dan ketuntasan belajar klasikal yang diperoleh sebesar 67,89 % atau 19 orang siswa yang tuntas dari 28 orang siswa yang mengikuti kegiatan pembelajaran menulis isi dongeng kembali, sedangkan pada siklus II dengan nilai rata-rata 83,75% dan ketuntasan belajar klasikal 89,29% atau 25 siswa yang tuntas dari 28 orang siswa yang mengikuti kegiatan pembelajaran menulis isi dongeng kembali.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 25 Sep 2013 20:57
Last Modified: 25 Sep 2013 20:57
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/615

Actions (login required)

View Item
View Item