UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN PASSING ATAS MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA PERMAINAN BOLA VOLI MINI DI KELAS V SDN 08 PADANG ULAK TANDING

Abidin, Zainal and Dian, Pujianto and Sugiyanto , Sugiyanto (2013) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN PASSING ATAS MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA PERMAINAN BOLA VOLI MINI DI KELAS V SDN 08 PADANG ULAK TANDING. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

[img] Text (Thesis)
I,II,III,3-13-zai.FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (21MB)
[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP,3-13-zai.FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (21MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan memberikan latihan fisik, latihan melempar, latihan passing ke dinding dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam melakukan gerakan passing atas pada pembelajaran bola voli mini. Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 08 Padang Ulak Tanding berjumlah 20 siswa terdiri dari 8 (laki-laki) dan 12 (perempuan). Penelitian dilaksanakan 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Tes keterampilan passing atas menggunakan lembar penelitian sesuai dengan instrument yang digunakan. Pada pra-siklus diketahui banyak siswa yang belum memahami gerakan passing atas, sehingga nilai keterampilannya adalah 28,68% (cukup), 31,03% (kurang) dan 48,27% (kurang sekali). Pada siklus pertama dengan penerapan latihan fisik, latihan melempar, latihan passing ke dinding nilai keterampilan siswa 20,68% (baik), 44,82% (cukup) dan 34,48% (kurang). Sedangkan pada siklus kedua nilai keterampilan siswa 6,89% (sempurna), 13,79% (baik sekali), 51,72% 9baik) dan sebesar 27,58% (cukup). Meningkatnya keterampilan siswa dalam melaksanakan gerakan passing sebagai pengaruh dari latihan kekuatan fisik, latihan melempar, latihan passing ke dinding sangat tepat dalam proses pembelajaran. Siswa menjadi percaya diri, berani, dan bersungguh-sungguh selama latihan sehingga merasa aman dan terhindar dari cedera.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: ?? def_phi ??
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 08 Jan 2014 01:07
Last Modified: 08 Jan 2014 01:07
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/6206

Actions (login required)

View Item View Item