PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING MELALUI METODE RESITASI DENGAN MEDIA POSTER UNTUK MENGEMBANGKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN (PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SDN 3 KOTA BENGKULU)

Oktamelia, Richa and Dalifa, Dalifa and Abdul, Muktadir (2013) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING MELALUI METODE RESITASI DENGAN MEDIA POSTER UNTUK MENGEMBANGKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN (PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SDN 3 KOTA BENGKULU). Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
I,II,III,3-13-ric.FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)
[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP,3-13-ric.FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan karakter peduli lingkungan pada mata pelajaran IPA siswa kelas Va SD Negeri 3 Kota Bengkulu dengan menerapkan model problem based learning melalui metode resitasi dengan media poster. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, subyek penelitian ini guru dan siswa kelas Va SD Negeri 3. Instrumen yang digunakan yakni lembar observasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan rumus rata-rata nilai dan persentase ketuntasan belajar klasikal. Data observasi dianalisis dengan rata-rata skor dan kriteria penilaian. Hasil yang dicapai pada penelitian ini, Siklus I diperoleh rata-rata observasi aktivitas guru 33,75 (C), observasi aktivitas siswa 34,75 (C) dan siklus II rata-rata observasi aktivitas guru 42,5 (B), observasi aktivitas siswa 42 (B). Hasil pengembangan karakter peduli lingkungan siswa pada siklus I aspek memelihara lingkungan kelas memperoleh nilai MK 10%, kemudian meningkat pada siklus II menjadi 63,75%. Aspek membuang sampah pada tempatnya memperoleh nilai MK 12,5 kemudian meningkat pada siklus II menjadi 69,2%, aspek pembiasaan hemat energi memperoleh nilai MK 6,8% kemudian meningkat di siklus II menjadi 55,6%, aspek merawat tanaman disekolah memperolek nilai MK 10,6% kemudian meningkat di siklus II menjai 51,8%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model problem based learning melalui metode resitasi dengan media poster dapat mengembangkan karakter peduli lingkungan siswa pada kelas V SD Negeri 3 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 08 Jan 2014 12:37
Last Modified: 08 Jan 2014 12:37
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/6232

Actions (login required)

View Item View Item