HUBUNGAN ANTARA SUASANA LINGKUNGAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KELAS 5 SDN 75 KOTA BENGKULU

Relita, Relita and Sri , Dadi and Nani , Yuliantini (2013) HUBUNGAN ANTARA SUASANA LINGKUNGAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KELAS 5 SDN 75 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP,3-13-rel.FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)
[img] Text (Thesis)
I,II,III,3-13-rel.FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara Suasana Lingkungan Belajar dengan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Kelas 5 SDN 75 Kota Bengkulu . Responden dalam penelitian ini adalah 30 siswa kelas 5 SD Negeri 75 kota Bengkulu. Instrumen penelitian berupa angket suasana lingkungan belajar dan dokumentasi berupa nilai ulangan bulanan Ilmu Pengetahuan Sosial siswa pada bulan februari, maret, april semester II. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket, dan dokumentasi. Dengan teknik analisis data dilakukan dengan perhitungan statistik korelasi product moment. Kegiatan penelitian diawali dengan melaksanakan uji validitas dan uji reliabilitas terhadap instrumen penelitian yang berupa angket. Hasil dari uji validitas diperoleh data bahwa, terdapat 44 item instrumen yang dinyatakan valid dari 51 item instrumen yang diujicobakan. Hasil dari uji reliabilitas diperoleh nilai r11 sebesar 0,933. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa korelasi antara Suasana Lingkungan Belajar dengan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Kelas 5 SDN 75 Kota Bengkulu diperoleh nilai r hitung sebesar 0,650. Berdasarkan uji signifikan koefisien korelasi menunjukkan r tabel pada taraf signifikan 5% dengan n=30 diperoleh nilai r tabel sebesar 0,361. Diketahui bahwa nilai r hitung lebih besar dari nilai r tabel, dengan kata lain dapat dikatakan bahwa hipotesis yang diajukan oleh peneliti diterima, yaitu terdapat hubungan antara Suasana Lingkungan Belajar dengan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Kelas 5 SDN 75 Kota Bengkulu .

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 08 Jan 2014 13:23
Last Modified: 08 Jan 2014 13:23
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/6235

Actions (login required)

View Item View Item