IMPLEMENTASI PROGRAM BINA KELUARGA REMAJA (BKR) Studi Pada BKR Kelurahan Kebun Roos Kecamatan Teluk Segara Kota Bengkulu

Lubis, Ella and Achmad, Aminudin and Kahar, Hakim (2013) IMPLEMENTASI PROGRAM BINA KELUARGA REMAJA (BKR) Studi Pada BKR Kelurahan Kebun Roos Kecamatan Teluk Segara Kota Bengkulu. Undergraduated thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UNIB.

[img] Text (Thesis)
IV,V,VI,1-13-ell-FS.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)
[img] Text (Thesis)
I,II,III,1-13-ell-FS.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Remaja adalah generasi penerus bangsa yang perlu dipersiapkan menjadi manusia yang sehat secara jasmani, rohani, mental dan spiritual karena kelanjutan pembangunan ada ditangan para remaja. Remaja rentan terhadap resiko Triad KRR (kesehatan reproduksi remaja) yaitu seksualitas, Narkoba dan HIV-AIDS. Dan dari banyak hasil penelitian membuktikan bahwa remaja Indonesia belum mampu menghindari resiko tersebut dan belum mampu mempraktekkan hidup yang sehat. Maka untuk merespon permasalahan remaja, BKKBN mengembangkan Program Generasi Berencana (Genre), pendekatan kepada keluarga yang mempunyai remaja dilakukan melalui pengembangan kelompok Bina Keluarga Remaja (BKR). BKR dapat membantu orang tua dalam memahami remaja, permasalahan remaja dan cara berkomunikasi dengan remaja. Jumlah kelompok BKR di Indonesia sampai Oktober 2012 sebanyak 11.359 kelompok dan 464 kelompok diantaranya berada di Propinsi Bengkulu. Kemudian muncul pertanyaan mengapa banyaknya jumlah kelompok BKR ini belum mampu menghindarkan remaja Bengkulu dari resiko Triad KRR. Maka penulis tertarik untuk melakukan peneli ti an dengan judul “ Implementasi program BKR studi pada BKR Kelurahan Kebun R oos Kecam atan Teluk S e gar a Kota Ben gkulu”. M etode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan teknik analisis data deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi dengan penentuan informan berdasarkan teknik snowball sampling. Informan dalam penelitian ini berjumlah 14 orang. Hasil penelitian diketahui bahwa implementasi program BKR studi pada BKR Kelurahan Kebun Roos dikatakan belum dilaksanakan dengan baik karena dari 3 aspek untuk melihat bagaimana implementasi program BKR yaitu 1. pembentukan kelompok BKR, belum efektif pada sosialisasi dan sumber daya dana masih sangat minim. 2. peningkatan kapasitas pengelola dan pelaksana dilakukan dengan orientasi, pelaksanaan orientasi ini berhasil membuat pengetahuan kader dan anggota BKR meningkat. 3. Pelayanan Kegiatan Kelompok BKR, penyuluhan dilakukan dengan memberi materi tentang remaja pada anggota BKR tapi evaluasi tentang program ini belum pernah dilakukan BKKBN.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Public Administration
Depositing User: 001 Bambang Gonggo Murcitro
Date Deposited: 02 Oct 2013 09:04
Last Modified: 02 Oct 2013 09:04
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/679

Actions (login required)

View Item View Item