%0 Thesis
%9 Other
%A Julianto, Jimmi
%A Dian, Pujianto
%A Oddie, Barnanda Rizky
%A Universitas Bengkulu,
%B Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan
%D 2025
%F repoUnib:23259
%I Universitas Bengkulu
%P 176
%T PROBLEMATIKA PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA  DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI  DI SMAN 1 BENGKULU TENGAH
%U https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23259/
%X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Problematika dalam Penerapan  Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani di SMAN 1  Bengkulu Tengah. Dalam penelitian ini terdapat tiga aspek yang diaamati yaitu  Problematika, Kurikulum Merdeka dan Pendidikan Jasmani. Pendekatan kualitatif  deskriptif digunakan dalam penelitian ini. Subjek dalam penelitian ini adalah guru  Pendidikan Jasmani di SMAN 1 Bengkulu Tengah. Sedangkan objek dalam  penelitian ini adalah Problematika dalam Penerapan Kurikulum Merdeka dalam  Pembelajaran Pendidikan Jasmani di SMAN 1 Bengkulu Tengah. Teknik  pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi,  wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 15  Problematika dalam Penerapan Kurikulum Merdeka dalam Pendidikan Jasmani di  SMAN 1 Bengkulu Tengah. Problematika tersebut berasal dari kegiatan  pembelajaran yang meliputi: Pertama, media dan metode tidak menarik. Kedua,  guru kesulitan memahami Kurikulum Merdeka. Ketiga, kegiatan pelatihan hanya  di sekolah. Keempat, guru tidak melakukan apersepsi. Kelima, siswa tidak mandiri.  Keenam, siswa tidak berpikir kritis. Ketujuh, siswa tidak kreatif. Kedelapan, siswa  tidak menganalisis materi. Kesembilan, siswa tidak mampu menciptakan hal baru.  Kesepuluh, siswa tidak aktif. Kesebelas, rendahnya minat dan kurangnya  pemahaman guru dalam inti kegiatan. Keduabelas, guru tidak memberikan kuis.  Ketigabelas, tidak memberikan tugas kelompok. Keempatbelas, penentuan asesmen  berbasis proyek. Kelimabelas guru hanya memberi pertanyaan.  Kata Kunci: Kurikulum Merdeka, Pendidikan Jasmani, Problematika