%0 Thesis %9 Other %A Julianto, Jimmi %A Dian, Pujianto %A Oddie, Barnanda Rizky %A Universitas Bengkulu, %B Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan %D 2025 %F repoUnib:23259 %I Universitas Bengkulu %P 176 %T PROBLEMATIKA PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DI SMAN 1 BENGKULU TENGAH %U https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23259/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Problematika dalam Penerapan Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani di SMAN 1 Bengkulu Tengah. Dalam penelitian ini terdapat tiga aspek yang diaamati yaitu Problematika, Kurikulum Merdeka dan Pendidikan Jasmani. Pendekatan kualitatif deskriptif digunakan dalam penelitian ini. Subjek dalam penelitian ini adalah guru Pendidikan Jasmani di SMAN 1 Bengkulu Tengah. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah Problematika dalam Penerapan Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani di SMAN 1 Bengkulu Tengah. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 15 Problematika dalam Penerapan Kurikulum Merdeka dalam Pendidikan Jasmani di SMAN 1 Bengkulu Tengah. Problematika tersebut berasal dari kegiatan pembelajaran yang meliputi: Pertama, media dan metode tidak menarik. Kedua, guru kesulitan memahami Kurikulum Merdeka. Ketiga, kegiatan pelatihan hanya di sekolah. Keempat, guru tidak melakukan apersepsi. Kelima, siswa tidak mandiri. Keenam, siswa tidak berpikir kritis. Ketujuh, siswa tidak kreatif. Kedelapan, siswa tidak menganalisis materi. Kesembilan, siswa tidak mampu menciptakan hal baru. Kesepuluh, siswa tidak aktif. Kesebelas, rendahnya minat dan kurangnya pemahaman guru dalam inti kegiatan. Keduabelas, guru tidak memberikan kuis. Ketigabelas, tidak memberikan tugas kelompok. Keempatbelas, penentuan asesmen berbasis proyek. Kelimabelas guru hanya memberi pertanyaan. Kata Kunci: Kurikulum Merdeka, Pendidikan Jasmani, Problematika