TY - THES PB - Universitas Bengkulu TI - PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM KOLOID ID - repoUnib23278 M1 - other EP - 146 AV - restricted Y1 - 2025/// A1 - Lestari, Bunga Clara Diva A1 - Hermansyah, Amir A1 - Elvinawati, Elvinawati N2 - Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara minat belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dan model pembelajaran konvensional, serta pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match terhadap minat belajar siswa pada materi sistem koloid. Penelitian ini dilakukan pada bulan Februari ? Mei 2024. Penelitian yang dilakukan merupakan jenis penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini yaitu kelas XI IPA yang berjumlah 96 siswa. Pengambilan sampel dilakukan setelah uji homogenitas dan normalitas maka terpilih kelas XI IPA 1 yang menggunakan model Make a Match dan XI IPA 3 yang menggunakan model konvensional. Instrumen yang digunakan yaitu non tes (angket minat belajar). Hasil penelitian secara umum menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match berpengaruh terhadap minat belajar siswa pada materi sistem koloid. Persentase rata-rata minat belajar siswa kelas eksperimen sebesar 81,122% dan pada kelas kontrol sebesar 74,670%. Hasil Uji t didapatkan nilai Sig. (2-tailed) yaitu 0,005 yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan pada minat belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal tersebut juga berarti perlakuan yang diberikan pada kelas eksperimen berpengaruh terhadap minat belajar siswa. Pengaruhnya yaitu sebesar 0,7 yang termasuk dalam ketegori sedang. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif tipe Make a Match, Minat Belajar UR - https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23278/ ER -