%0 Thesis %9 Masters %A Fratiwi, Revvi Ayu %A Abdul, Muktadir %A Endang, Widi Winarni %A Universitas Bengkulu, %B Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan %D 2025 %F repoUnib:23414 %I Universitas Bengkulu %P 205 %T PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS OUTDOOR LEARNING TERHADAP BERPIKIR KRITIS DAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR %U https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23414/ %X Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model Problem Based Learning (PBL) berbasis Outdoor Learning terhadap berpikir kritis dan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas IV sekolah dasar. Jenis penelitian ini kuantitatif, metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental Design dengan desain The Matching Posttest-Only Control Design terhadap dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Sampel penelitian adalah siswa kelas IV SDN 51 Kota Bengkulu. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes tertulis. Data dari hasil penelitian ini menggunakan inferensial yaitu uji-t dan uji korelasi. Hasil penelitian menunjukkan hasil uji-t dengan t-hitung pada keterampilan berpikir kritis siswa di kelas kontrol sebesar 60,77 mengalami kenaikan naik menjadi rata-rata kelas eksperimen pada hasil berpikir kritis siswa sebesar 88,43 pada keterampilan menulis karangan deskripsi didapatkan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar kelas eksperimen 64,33 dan pada kelas eksperimen naik menjadi 79,83, dan juga terdapat korelasi antara berpikir kritis terhadap menulis karangan deskripsi siswa kelas IV sekolah dasar. Hal tersebut ditunjukkan dengan naiknya rata-rata berpikir kritis kelas eksperimen 88,43 dan diikuti dengan naiknya nilai rata-rata menulis kelas eksperimen menjadi 79,83. Terdapat hubungan positif dan signifikan antara berpikir kritis dan keterampilan menulis karangan deskripsi pada taraf signifikansi 0,000 maka disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model Problem Based Learning (PBL) berbasis Outdoor Learning terhadap berpikir kritis dan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa. Kata Kunci : Model Problem Based Learning (PBL), Outdoor Learning, Berpikir Kritis, Karangan Deskripsi