%0 Thesis
%9 Masters
%A Fratiwi, Revvi Ayu
%A Abdul, Muktadir
%A Endang, Widi Winarni
%A Universitas Bengkulu,
%B Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan
%D 2025
%F repoUnib:23414
%I Universitas Bengkulu
%P 205
%T PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS  OUTDOOR LEARNING TERHADAP BERPIKIR KRITIS DAN  KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS  IV SEKOLAH DASAR
%U https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23414/
%X Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model Problem Based  Learning (PBL) berbasis Outdoor Learning terhadap berpikir kritis dan  keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas IV sekolah dasar. Jenis  penelitian ini kuantitatif, metode penelitian yang digunakan adalah Quasi  Eksperimental Design dengan desain The Matching Posttest-Only Control Design  terhadap dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol.  Sampel penelitian adalah siswa kelas IV SDN 51 Kota Bengkulu. Instrumen  penelitian yang digunakan berupa tes tertulis. Data dari hasil penelitian ini  menggunakan inferensial yaitu uji-t dan uji korelasi. Hasil penelitian  menunjukkan hasil uji-t dengan t-hitung pada keterampilan berpikir kritis siswa di  kelas kontrol sebesar 60,77 mengalami kenaikan naik menjadi rata-rata kelas  eksperimen pada hasil berpikir kritis siswa sebesar 88,43 pada keterampilan  menulis karangan deskripsi didapatkan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar kelas  eksperimen 64,33 dan pada kelas eksperimen naik menjadi 79,83, dan juga  terdapat korelasi antara berpikir kritis terhadap menulis karangan deskripsi siswa  kelas IV sekolah dasar. Hal tersebut ditunjukkan dengan naiknya rata-rata berpikir  kritis kelas eksperimen 88,43 dan diikuti dengan naiknya nilai rata-rata menulis  kelas eksperimen menjadi 79,83. Terdapat hubungan positif dan signifikan antara  berpikir kritis dan keterampilan menulis karangan deskripsi pada taraf signifikansi  0,000 maka disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model Problem  Based Learning (PBL) berbasis Outdoor Learning terhadap berpikir kritis dan  keterampilan menulis karangan deskripsi siswa.  Kata Kunci : Model Problem Based Learning (PBL), Outdoor Learning,  Berpikir Kritis, Karangan Deskripsi