%0 Thesis %9 Masters %A Andora, Septa %A Bambang, Sahono %A Johanes, Sapri %A Universitas Bengkulu, %B Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan %D 2025 %F repoUnib:23443 %I Universitas Bengkulu %P 360 %T PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA DAN PRESTASI BELAJAR (Studi pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Siswa Kelas V Di Gugus V Merapi Barat) %U https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23443/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Make a Match untuk meningkatkan kerjasama dan prestasi belajar siswa kelas V di gugus V Merapi Barat. Rancangan penelitian tindakan kelas menggunakan alur penelitian Arikunto..Subjek penelitian penelitian adalah siswa kelas V di Gugus V Merapi Barat yang berjumlah 23 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar penilaian dan lembar tes. Sedangkan teknik analisa data rata-rata (mean) dan persentase analisa data kusai eksperimen dengan uji-t. Dari analisis data pada siklus I hasil observasi pelaksanaan pembelajaran dengan skor 4,94 kriteria kurang meningkat pada siklus II sebesar 5,63 kategori kurang dan meningkat lagi pada siklus III sebesar 6,69 dengan kategori baik, kemudian hasil observasi kerjasama siswa siklus I dengan jumlah rata-rata sebesar 2,25 kriteria kurang meningkat pada siklus II menjadi 2,93 kategori baik kemudian meningkat pada siklus III sebesar 3,53 kategori sangat baik. Prestasi belajar siswa siklus I dengan rata-rata nilai post-test sebesar 70,43 ketuntasan belajar klasikal 57%, meningkat pada siklus II 74,17 ketuntasan belajar klasikal 70% kemudian meningkat lagi pada siklus III sebesar 85,26 ketuntasan belajar klasikal 96 %. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelejaran Kooperatif tipe Make a Match dapat meningkatkan Kerjasama dan prestasi belajar. Kata kunci : Make a Match, kerjasama, prestasi belajar