Susiwati, Susiwati and Sazili , Muchtar and Delrefi, Delrefi (2015) MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI DENGAN KEGIATAN FINGER PAINTING PADA KELOMPOK B PAUD CEMPAKA PUTIH CURUP SELATAN KABUPATEN REJANG LEBONG. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![Thesis [thumbnail of Thesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
IV,V,LAMP,III-14-sus.FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
![Thesis [thumbnail of Thesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
I,II,III,III-14-sus.FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Permasalahan dari penelitian ini adalah dengan kegiatan Finger Painting dapat meningkatkan keterampilan motorik halus anak usia dini pada kelas B PAUD Cempaka Putih Desa Teladan Kecamatan Curup Selatan Kabupaten Rejang Lebong. Adapun tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk melihat apakah dengan kegiatan finger painting dapat meningkatkan keterampilan motorik halus anak. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus, dimana setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan dengan 4 tahapan sebagai berikut : a) perencanaan, b) pelaksanaan tindakan, c) observasi, dan d) refleksi. Subjek penelitian berjumlah 20 orang anak kelas B PAUD Cempaka Putih Desa Teladan Kecamatan Curup Selatan Kabupaten Rejang Lebong. Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah lembar obnservasi aktivitas siswa dan lembar observasi aktivitas guru. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dan dokumentasi. Selanjutnya data yang diperoleh dianalisis dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan dengan kegiatan finger painting dapat meningkatkan keterampilan motorik halus anak terbukti pada siklus I dan siklus II. Hasil penelitian ternyata terbukti dengan hasil pengamatan yang dilakukan telah mencapai indikator keberhasilan 75%. Dari hasil tersebut maka disarankan kepada guru-guru bahwa kegiatan finger painting merupakan cara yang dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan motorik halus pada anak usia dini secara optimal.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education |
Depositing User: | Users 30 not found. |
Date Deposited: | 19 Jan 2015 14:40 |
Last Modified: | 19 Jan 2015 14:40 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/10296 |