THE EFL TEACHERS’ PERCEPTION ON BUILDING UP INTERCULTURAL COMMUNICATIVE COMPETENCE IN THE CLASSROOM

Zayadi, Adetio and Alamsyah, Harahap and Dedi, Sofyan (2019) THE EFL TEACHERS’ PERCEPTION ON BUILDING UP INTERCULTURAL COMMUNICATIVE COMPETENCE IN THE CLASSROOM. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of THESIS.pdf] Text
THESIS.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi persepsi guru bahasa
Inggris sebagai bahasa asing terhadap komunikasi lintas budaya di kelas,
bagaimana mereka membangun kompetensi komunikasi lintas budaya di
kelas dan menganalisa proses mengajar bahasa Inggris yang mereka
laksanakan dalam perspektif prinsip – prinsip pembelajaran bahasa lintas
budaya (ILL). Penelitian ini menggunakan strategi eksplanatori sekuensial
metode campuran untuk mengungkap data berdasarkan fokus yang
diformulasikan. Delapan belas guru bahasa Inggris terlibat sebagai
koresponden untuk kuesioner sedangkan tiga guru bahasa Inggris terpilih
sebagai partisipan untuk wawancara dan pengamatan. Mereka dipilih
berdasarkan teknik purposive sampling dari empat SMP di Gading
Cempaka Bengkulu. Untuk mengumpulkan data yang diperlukan,
kuesioner, wawancara, dan observasi dilakukan kemudian dianalisa lebih
lanjut mengunakan model interaktif. Temuan penelitian menunjukkan
bahwa para guru EFL menganggap bahwa komunikasi antar budaya dan
tujuan komunikasi antar budaya dalam mengajar bahasa Inggris adalah
sangat penting. Selain itu, mereka sangat sering menerapkan metode
atau pendekatan pengajaran lintas budaya melalui komunikasi antar
budaya dalam mengajar bahasa Inggris, dan mereka sangat setuju
dengan dimensi antar budaya dalam mengajar bahasa Inggris sebagai
bahasa asing. Dalam membangun kemampuan komunikasi lintas budaya
di kelas, guru – guru bahasa Inggris menyampaikan materi budaya atau
kesadaran budaya, menginformasikan tentang perbedaan sikap dan
budaya, memberikan topik penting seperti kehidupan dan rutinitas sehari –
hari dan berdiskusi tentang persamaan dan perbedaan budaya.
Selanjutnya, guru – guru bahasa Inggris mampu menerapkan lima prinsip
ILL dalam proses mengajar dalam berbagai aktivitas di kelas seperti
mengajukan pertanyaan, berbicara bebas, saling memeriksa,
membandingkan dan membedakan perbedaan budaya, pembelajaran
kooperatif dan diskusi.
Kata Kunci : Persepsi, Kompetensi Komunikasi Lintas Budaya, Pembelajaran Bahasa Lintas Budaya.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of English Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 08 Feb 2023 09:00
Last Modified: 08 Feb 2023 09:00
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/11450

Actions (login required)

View Item
View Item