SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH (Studi Evaluatif Deskriftip di MAN 02 Kabupaten Kepahiang)

Adnan, Adnan and Rohiat, Rohiat and Somantri, Manap (2019) SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH (Studi Evaluatif Deskriftip di MAN 02 Kabupaten Kepahiang). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of THESIS FIX.pdf] Text
THESIS FIX.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh Supervisi akademik adalah salah satu
tugas utama yang harus dilaksanakan seorang kepala sekolah untuk membina guru
dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan melaksanakan supervisi
akademik secara terprogram dan berkesinambungan, akan tercapai layanan proses
pembelajaran bermutu. Penelitian ini mencoba untuk mengetahui bagaimanakah
supervisi akademik oleh kepala sekolah di MAN 02 Kepahiang. Supervisi yang
akan diteliti terdiari dari perencanaan, pelaksanaan dan tindak lanjut supervisi
akademik di MAN 02 Kepahiang. Pengumpulan data dalam penelitian
menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi dengan jumlah
sampel 3 orang yang terdiri dari 1 orang kepala sekolah dan 2 orang guru di MAN
02 Kepahiang. Sedangkan analisis data menggunakan analisis data kualitatif, yaitu
melakukan analisis secara interaktif. Hasil penelitian menunjkkan bahwa
supervisi akademik kepala sekolah pada proses perencanaan sudah dilaksanakan
dengan baik dan maksimal. Pada tahap pelaksanaan supervisi akademik kepala
sekolah juga sudah melaksanakannya dengan baik dan selalu mendapat dukungan
dari semua pihak baik dari tenaga pengajar sebagai objek supervisi maupun dari
tenaga manajemen sekolah lainnya walaupun masih ada kendala-kendala yang
dihadapi tetapi tidak mengganggu proses pelaksanaan supervisi akademik. Tahap
tindak lanjut supervisi akademik kepala sekolah dilaksanakan dengan
menyelenggarakan pertemuan secara kolaboratif bersama guru untuk membahas
perbaikan mutu pembelajaran, membahas metode, dan media pembelajaran
inovatif atau menyelenggarakan pelatihan metodologi Action Research (PTK) dan
sebagainya. Sehingga tindak lanjut yang dilaksanakan mendapatkan hasil
perbaikan yang maksimal
Kata Kunci : Perencanaan, Pelaksanaan, Tindak Lanjut, Supervisi Akademik

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Master of Educational Administration
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 12 Apr 2023 06:34
Last Modified: 12 Apr 2023 06:34
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/11881

Actions (login required)

View Item
View Item