PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN GAYA KOGNITIF TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PUISI (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Lahat)

Nova, Yulia and Johanes, Sapri and Turdjai, Turdjai (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN GAYA KOGNITIF TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PUISI (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Lahat). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of TESIS YULIA NOVA A2M018027.pdf] Text
TESIS YULIA NOVA A2M018027.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbedaan kemampuan
menulis teks puisi antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran
inkuiri bebas dengan inkuiri terbimbing, antara siswa yang memiliki gaya
kognitif field independent dengan field dependent, mendeskripsikan
pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan gaya kognitif terhadap
kemampuan menulis teks puisi, perbedaan kemampuan menulis teks puisi
antara siswa yang memiliki gaya kognitif field independent yang belajar
dengan model inkuiri bebas dengan inkuiri terbimbing, dan begitu pula
dengan siswa yang memiliki gaya kognitif field dependent. Penelitian ini
menggunakan metode eksperimen desain faktorial 2 x 2. Populasi penelitian
adalah seluruh siswa kelas X MIPA SMA Negeri 2 Lahat. Sampel eksperimen
terdiri dari dua kelas yaitu kelas X MIPA 4 sebagai kelas eksperimen dan X
MIPA 1 sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 36 siswa.
Instrumen pengumpulan data adalah tes unjuk kerja dan tes GEFT.
Pengujian hipotesis menggunakan analisis varian (Anava) dua jalur. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa (1) Kemampuan menulis teks puisi siswa
dengan model pembelajaran inkuiri bebas tidak berbeda dari inkuiri
terbimbing. (2) Kemampuan menulis teks puisi siswa bergaya kognitif field
independent lebih tinggi dari field dependent. (3) Ada pengaruh interaksi
antara model pembelajaran dan gaya kognitif terhadap kemampuan menulis
teks puisi. (4) Kemampuan menulis teks puisi siswa bergaya kognitif field
independent dan diberi model inkuiri bebas lebih tinggi daripada inkuiri
terbimbing. (5) Sedangkan, kemampuan menulis teks puisi untuk siswa yang
bergaya kognitif field dependent tidak berbeda.
Kata kunci: kemampuan menulis teks puisi, model pembelajaran, gaya
kognitif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 05 May 2023 02:21
Last Modified: 05 May 2023 02:21
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/11935

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200