Sisca, Zella Fran and Alamasyah, Harahap and Dedi, Sofyan (2020) A CONTENT ANALYSIS OF CULTURAL REPRESENTATION WITHIN READING TEXT IN INDONESIAN ENGLISH TEXTBOOKS FOR SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![A2B018038 - ZELLA FRAN SISCA - THESIS 2020.pdf [thumbnail of A2B018038 - ZELLA FRAN SISCA - THESIS 2020.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
A2B018038 - ZELLA FRAN SISCA - THESIS 2020.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (5MB)
Abstract
Fransisca, Zella. (2020). Analisis Representasi Budaya dalam Teks
Bacaan Pada Buku Teks Bahasa Inggris untuk Siswa Menengah Atas.
Bengkulu: Universitas Bengkulu. Dosen Pembimbing I: Dr. Alamsyah
Harahap, M.Lib. Dosen Pembimbing II: Dr. Dedy Sofyan, M.Hum.
Itu adalah hal umum yang mana sebagian besar buku teks bahasa
Inggris berisi banyak budaya internasional pada bahan-bahannya, tetapi
beberapa studi terbaru menggambarkan bahwa buku teks bahasa Inggris
didominasi oleh budaya sumber di mana buku teks diterbitkan dan
digunakan. Tujuan utama dari penelitian ini adalah (1) untuk mengungkap
kategori budaya dalam membaca teks; (2) untuk menemukan tema
budaya dalam teks bacaan; dan (3) untuk mengungkapkan perbandingan
konten budaya dalam buku teks. Penelitian ini berfokus pada teks bacaan
dari 3 buku teks Bahasa Inggris (Bahasa Inggris Kelas X, Bahasa Inggris
Kelas XI, dan Bahasa Inggris Kelas XII) untuk sekolah menengah atas
yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia
berdasarkan Kurikulum 2013. Penelitian ini menggunakan deskriptif
kualitatif dan kuantitatif sebagai desain penelitian. Temuan pertama
menunjukkan bahwa budaya sumber, budaya target, dan budaya
internasional muncul dalam buku teks. Hasil kedua menunjukkan bahwa
delapan tema budaya muncul dalam buku teks, yaitu Interaksi Sosial,
Warisan Budaya Nasional, Lembaga Sosial-Politik, Geografi Nasional,
Identitas Sosial & Kelompok Sosial, Kepercayaan & Perilaku, Sosialisasi &
Siklus Hidup, dan Sejarah Nasional. Interaksi Sosial dan Warisan Budaya
Nasional adalah kejadian tertinggi dari tema budaya dalam teks bacaan.
Selanjutnya, temuan terakhir dari perbandingan konten budaya
menunjukkan bahwa seluruh buku teks memiliki budaya sumber sebagai
kategori budaya dominan, sedangkan tiga buku teks memiliki tema
budaya dominan yang berbeda. Bahasa Inggris Kelas X memiliki Warisan
Budaya Nasional sebagai tema budaya yang dominan, Bahasa Inggris
Kelas XI memiliki Kepercayaan Dan Perilaku dan Bahasa Inggris Kelas XII
memiliki Lembaga Sosial-Politik sebagai tema budaya berdaulat. Dengan
demikian, buku teks Bahasa Indonesia Bahasa Inggris harus lebih
memperhatikan keberadaan kategori budaya dan tema budaya di setiap
tingkat buku teks untuk memastikan bahwa konten budaya disusun
dengan tepat dan akurat.
Kata kunci: Analisis Konten, Perwujudan Budaya, Teks Bacaan, Buku
Teks Bahasa Inggris
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 17 May 2023 03:25 |
Last Modified: | 17 May 2023 03:25 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/11964 |