Berindo, Berindo and Wahyu, Widada and Dewi, Herawaty (2020) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN ETNOMATEMATIKA BERBASIS YOUTUBE TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 11 KOTA BENGKULU. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
Tesis Berindo-1.pdf
Download (4MB) | Preview
Abstract
Pembelajaran matematika merupakan salah satu pilar utama dalam 
Pendidikan manusia yang akan dibutuhkan sampai akhir hayatnya karena 
pendidikan matematika membuat manusia berusaha mengembangkan 
dirinya melalui literasi numerasi sehingga mampu menghadapi setiap 
perubahan dan permasalahan matematika yang terjadi di kehidupan
nyata. Etnomatematika didefiniskan sebagai cara-cara khusus yang 
dipakai oleh suatu kelompok budaya atau masyarakat tertentu dalam 
aktivitas matematika. Media pembelajaran berbasis youtube adalah media 
pembelajaran yang diterapkan secara langsung yang melibatkan youtube 
sebagai wahana untuk mempublikasikan bahan ajar dalam suatu model 
pembelajaran yang interaktif untuk memberikan dan mengendalikan 
lingkungan belajar siswa secara individual. Penelitian ini adalah Penelitian 
Quasi Eksperimen (Eksperimen Semu). Penelitian Ini dilaksanakan di 
SMP N 11 Kota Bengkulu pada tanggal 24 April sampai dengan 11 Juni 
2020. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 
11 Kota Bengkulu semester genap T.A 2019/2020 berjumlah 240 siswa
dan 120 Siswa sebagai sampel dengan teknik Random Sampling. 
Berdasarkan hasil penelitian Kemampuan Pemahaman Matematika siswa 
yang diajar dengan media pembelajaran etnomatematika berbasis 
youtube lebih tinggi dari siswa yang diajar dengan Non-Youtube untuk 
siswa yang diajar dengan model pembelajaran Konvensional setelah 
dikontrol dengan kemampuan awal siswa. Maka disarankan agar media 
pembelajaran etnomatematika berbasis youtube dapat menggantikan 
model pembelajaran konvensional untuk meningkatkan kemampuan 
pemahaman matematika.
Kata Kunci : Etnomatematika, Media Youtube, dan kemampuan 
pemahaman matematika
| Item Type: | Thesis (Masters) | 
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) | 
| Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education | 
| Depositing User: | 034 Septi Septi | 
| Date Deposited: | 25 May 2023 02:48 | 
| Last Modified: | 25 May 2023 02:48 | 
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/11981 | 

