Berindo, Berindo and Wahyu, Widada and Dewi, Herawaty (2020) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN ETNOMATEMATIKA BERBASIS YOUTUBE TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 11 KOTA BENGKULU. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
Tesis Berindo-1.pdf
Download (4MB) | Preview
Abstract
Pembelajaran matematika merupakan salah satu pilar utama dalam
Pendidikan manusia yang akan dibutuhkan sampai akhir hayatnya karena
pendidikan matematika membuat manusia berusaha mengembangkan
dirinya melalui literasi numerasi sehingga mampu menghadapi setiap
perubahan dan permasalahan matematika yang terjadi di kehidupan
nyata. Etnomatematika didefiniskan sebagai cara-cara khusus yang
dipakai oleh suatu kelompok budaya atau masyarakat tertentu dalam
aktivitas matematika. Media pembelajaran berbasis youtube adalah media
pembelajaran yang diterapkan secara langsung yang melibatkan youtube
sebagai wahana untuk mempublikasikan bahan ajar dalam suatu model
pembelajaran yang interaktif untuk memberikan dan mengendalikan
lingkungan belajar siswa secara individual. Penelitian ini adalah Penelitian
Quasi Eksperimen (Eksperimen Semu). Penelitian Ini dilaksanakan di
SMP N 11 Kota Bengkulu pada tanggal 24 April sampai dengan 11 Juni
2020. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN
11 Kota Bengkulu semester genap T.A 2019/2020 berjumlah 240 siswa
dan 120 Siswa sebagai sampel dengan teknik Random Sampling.
Berdasarkan hasil penelitian Kemampuan Pemahaman Matematika siswa
yang diajar dengan media pembelajaran etnomatematika berbasis
youtube lebih tinggi dari siswa yang diajar dengan Non-Youtube untuk
siswa yang diajar dengan model pembelajaran Konvensional setelah
dikontrol dengan kemampuan awal siswa. Maka disarankan agar media
pembelajaran etnomatematika berbasis youtube dapat menggantikan
model pembelajaran konvensional untuk meningkatkan kemampuan
pemahaman matematika.
Kata Kunci : Etnomatematika, Media Youtube, dan kemampuan
pemahaman matematika
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 25 May 2023 02:48 |
Last Modified: | 25 May 2023 02:48 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/11981 |