PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP SIKAP PEDULI LINGKUNGAN PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS V SD NEGERI KOTA BENGKULU

Dehvisi, Cindy and Dalifa, Dalifa and Pebrian, Tarmizi (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP SIKAP PEDULI LINGKUNGAN PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS V SD NEGERI KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI CINDY DEHVISI (A1G016040_PGSD_FKIP_UNIB_2020).pdf] Text
SKRIPSI CINDY DEHVISI (A1G016040_PGSD_FKIP_UNIB_2020).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan model
pembelajaran Problem Based Learning terhadap sikap peduli lingkungan pada
pembelajaran tematik siswa Kelas V SD Negeri Kota Bengkulu. Jenis penelitian
ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode quasy eksperimental (eksperimen
semu). Desain dalam penelitian ini adalah The Matching Only Pretest-Posttest
Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah SDN 02 dan SDN 07
Kota Bengkulu. Pengambilan Sampel menggunakan cluster random sampling
sehingga diperoleh kelas VB SD Negeri 07 Kota Bengkulu (kelas eksperimen)
dan kelas VB SD Negeri 02 Kota Bengkulu (kelas kontrol). Instrumen yang
digunakan dalam penelitian ini adalah lembar skala sikap likert yang berjumlah 17
pernyataan. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis
inferensial yaitu uji-t. Hasil penelitian diketahui bahwa rata-rata posttest
kelompok eksperimen sebesar 80,97 dan kelompok kontrol sebesar 78,73. Hasil
uji-t menunjukkan bahwa thitung (2,13) lebih besar dari ttabel (2,00) artinya thitung >
ttabel, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan
penggunaan model pembelajaran problem based learning terhadap sikap peduli
lingkungan siswa. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh
penggunaan model pembelajaran problem based learning terhadap sikap peduli
lingkungan pada pembelajaran tematik siswa kelas V di SD Negeri Kota
Bengkulu.
Kata kunci : Model Problem Based Learning, Sikap Peduli Lingkungan

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 26 May 2023 03:55
Last Modified: 26 May 2023 03:55
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12029

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200