DIAGNOSIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL HIMPUNAN KELAS VII SMP NEGERI 17 KOTA BENGKULU

Wicaksono, Darma and Agus, Susanta and Hanifah, Hanifah (2020) DIAGNOSIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL HIMPUNAN KELAS VII SMP NEGERI 17 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of DARMAWICAKSONO_A1C013072_SKRIPSI FKIP MATEMATIKA_2020.pdf] Text
DARMAWICAKSONO_A1C013072_SKRIPSI FKIP MATEMATIKA_2020.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui kesalahan-kesalahan yang
dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal himpunan Kelas VII SMP Negeri 17
Kota Bengkulu. (2) Mengetahui faktor-faktor penyebab kesalahan siswa dalam
menyelesikan soal himpunan kelas VII SMP Negeri 17 Kota Bengkulu. Jenis
penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek pada penelitian
ini adalah siswa kelas kelas VII C SMP Negeri 17 Kota Bengkulu. Data diproses
melalui tes diagnostik dan wawancara. Data yang diperoleh dianalisis secara
deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Kesalahan-kesalahan yang
dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal himpunan sebagai berikut: a) Salah
dalam menuliskan contoh hinpunan dan bukan himpunan sebanyak 17 siswa
(58,62%) ; b) Salah tidak membuat langkah penyelesaian dan salah dalam
mendiskripsikan sebanyak 29 siswa (100%); c) Salah tidak mendaftarkan anggota
himpunan dan salah membuat diagram venn sebanyak 28 siswa (96.55%) ; d)
Salah tidak menuliskan diketahui, salah dalam mencari nilai P, dan tidak
mendiskripsikan sebanyak 21 siswa (72,41%); e) Salah tidak menjawab AB dan
―kurang lengkap‖ dalam langkah-langkah penyelesaian sebanyak 21 siswa
(72,41%); f) Salah tidak membuat langkah penyelesaian dan salah siswa
menjawab kurang tepat atau tidak lengkap sebanyak 16 siswa (66,17%) ;dan g)
Salah siswa menjawab kurang tepat atau tidak lengkap sebanyak 15 siswa
(51,72%). (2) Faktor-faktor penyebab kesalahan siswa dalammenyelesikan soal
himpunan sebagai berikut: a) Belum memahami konsep pada materi himpunan
sebanyak 27 siswa (93,10%); b) Kurang teliti dalam perhitungan matematika
sebanyak 19 siswa (65,52%).
Kata kunci: Diagnosis, Kesalahan, Himpunan

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 26 May 2023 09:13
Last Modified: 26 May 2023 09:13
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12035

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200