Seta, Ekzu Semesti and Bambang, Parmadie and Dwi, Anggraini (2020) STUDI DESKRIPTIF PERANAN ORANG TUA DAN SEKOLAH DALAM EKSTRAKURIKULER SENI TARI DI SEKOLAH DASAR NEGERI 08 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI EKZU NEW.pdf [thumbnail of SKRIPSI EKZU NEW.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
SKRIPSI EKZU NEW.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendiskripsikan peranan orang tua dan 
sekolah dalam kegiatan ekstrakurikuler seni tari di sekolah dasar negeri 08 kota 
Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini 
adalah orang tua siswa yang mengikuti ekstrakurikuler seni tari dan guru seni tari 
di sekolah dasar negeri 08 kota Bengkulu. Instumen yang digunakan yaitu Lembar 
observasi dan lembar wawancara. Teknik pengumpulan data menggunakan 
observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis melalui 
model Miles, Huberman, dan Saldana yaitu data collection, data condensation, 
data display dan data verifications. Hasil penelitian ini yaitu peranan orang tua 1. 
Orang tua sebagai pembimbing hasil yang didapatkan adalah orangtua 
membimbing dengan melatih anak gerakan tari secara langsung pada saat latihan 
tari dan saling menghargai dan menghormati, 2. Orang tua sebagai pemberi 
motivasi, orang tua memotivasi dengan menasehati anak supaya lebih 
bersungguh-sungguh ketika latihan tari, mengapresiasi anak dengan hadiah, orang 
tua memotivasi anak dengan melihat langsung anak berlatih tari dan orang tua 
memotivasi anak dengan membiayai untuk atribut lomba dan pertunjukan.3. 
Orang tua sebagai pemberi perhatian, dari hasil yang didapatkan bahwa orang tua 
memberikan motivasi dengan, mengantar menjemput anak pada saat latihan, 
orang tua, mendampingi anak saat latihan maupun lomba dan orang tua 
memberian perhatian kepada anak berupa pujian atau semangat. Sedangkan 
peranan sekolah yaitu 1. Guru sebagai pembimbing meliputi mendidik melatih 
dan mengevaluasi kegiatan latihan ekstrakurikuler siswa 2. Guru sebagai 
motivator 3. Guru sebagai evaluator 4. Guru sebagai pelayanan administrasi. Guru 
mendidik siswa untuk bertanggung jawab, menumbuhkan rasa percaya diri ,guru 
melatih gerakan dan pola lantai secara langsung, guru juga memberikan 
kepercayaan kepada siswa untuk tutor sebaya dan memberikan kritik dan saran 
ketika siswa kurang fokus latihan tari.
Kata kunci : Ekstrakurikuler seni tari, peranan orang tua dan sekolah
| Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) | 
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) | 
| Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education | 
| Depositing User: | 034 Septi Septi | 
| Date Deposited: | 30 May 2023 07:38 | 
| Last Modified: | 30 May 2023 07:38 | 
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12085 | 

