Wahyulin, Elin and Resnani, Resnani and Hasnawati, Hasnawati (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ARTIKULASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V SDN KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![pdf skripsi ELIN WAHYULIN.pdf [thumbnail of pdf skripsi ELIN WAHYULIN.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
pdf skripsi ELIN WAHYULIN.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (9MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model kooperatif tipe 
artikulasi terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran Tematik di kelas V SDN 
kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode penelitian 
yang digunakan adalah quasy experiment dengan desain penelitian the matching 
only pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah 
seluruh Sekolah Dasar kelas V Kota Bengkulu yang sudah menggunakan 
kurikulum 2013 dan berakreditasi A. Sampel pada penelitian ini adalah siswa 
kelas V A Sekolah Dasar Negeri 82 Kota Bengkulu dan siswa kelas V C Sekolah 
Dasar Negeri 61 Kota Bengkulu dengan jumlah siswa sebanyak 64 orang. Teknik 
pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling yaitu multistages 
cluster random sampling. Instrumen dalam penelitian yang digunakan berupa tes 
hasil belajar pengetahuan berbentuk soal pilihan ganda melalui pretest dan 
posttest. Hasil belajar aspek sikap dan keterampilan instrument yang digunakan 
adalah lembar observasi. Untuk mengukur aspek pengetahuan pengambilan tes 
sebanyak dua kali, yaitu sebelum dan sesudah pembelajaran berlangsung pada 
kelas eksperimen dan kontrol. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah 
analisis kuantitatif dengan menggunakan jenis statistik deskriptif dan statistik 
inferensial. Dari hasil penelitian diketahui hasil uji-t mata pelajaran Bahasa 
Indonesia t-hitung sebesar 4,27 dan IPA t-hitung sebesar 3,60 dengan t-tabel pada 
taraf signifikan 5% sebesar 1,67. Maka t-hitung lebih besar dari t-tabel. Dari data 
tersebut tampak terdapat perbedaan hasil belajar yang diraih siswa pada kelas 
eksperimen dan kontrol. Maka terdapat pengaruh model artikulasi terhadap hasil 
belajar siswa pada pembelajaran Tematik kelas V SDN Kota Bengkulu.
Kata kunci : Pembelajaran Tematik, Model Kooperatif Tipe Artikulasi, 
Hasil Belajar
| Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) | 
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) | 
| Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education | 
| Depositing User: | 034 Septi Septi | 
| Date Deposited: | 30 May 2023 08:01 | 
| Last Modified: | 30 May 2023 08:01 | 
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12086 | 

