Yunipiranda, Elisa and Endang, Widi Winarni and Dalifa, Dalifa (2020) PENGARUH MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA KELAS IV SD (STUDI EKSPERIMEN PADA PEMBELAJARAN IPA DI SD GUGUS XVII KOTA BENGKULU). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI ELISA YUNIPIRANDA(1).pdf [thumbnail of SKRIPSI ELISA YUNIPIRANDA(1).pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI ELISA YUNIPIRANDA(1).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (15MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Creative Problem
Solving terhadap kemampuan literasi sains siswa kelas IV SD (Studi eksperimen
pada pembelajaran IPA di SD gugus XVII Kota Bengkulu). Jenis penelitian ini
yaitu penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen semu. Desain dalam
penelitian ini adalah the matching only pretest-posttest control group desain.
Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas IV gugus XVII Kota Bengkulu.
Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling sehingga
diperoleh kelas IVC SDN 11 Kota Bengkulu sebagai kelas eksperimen dan kelas
IVB SDN 04 Kota Bengkulu sebagai kelas kontrol. Uji coba dilakukan pada kelas
V SDN 08 Kota Bengkulu. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah
lembar angket komponen sikap saintifik yang berjumlah 10 pernyataan, lembar
tes komponen konteks berbentuk pilihan ganda yang berjumlah 5 soal, lembar tes
komponen pengetahuan berbentuk pilihan ganda yang berjumlah 10 soal dan
rubrik penilaian komponen kompetensi. Hasil perhitungan uji-t pada komponen
sikap saintifik didapatkan nilai thitung sebesar 7,891 lebih besar dari pada nilai ttabel
sebesar 1,677, pada komponen konteks didapatkan nilai thitung sebesar 5,863 lebih
besar dari pada nilai ttabel sebesar 1,677, komponen pengetahuan didapatkan nilai
thitung sebesar 11,208 lebih besar dari pada nilai ttabel sebesar 1,677, dan pada
komponen kompetensi pada kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol,
hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata siswa kelas eksperimen sebesar 7,4 dan
pada kelas kontrol sebesar 6,6. Berdasarkan hasil perhitungan uji-t literasi sains
secara keseluruhan didapatkan nilai thitung sebesar 5,511 lebih besar dari pada nilai
ttabel sebesar 1,677 artinya terdapat pengaruh yang signifikan model Creative
Problem Solving terhadap kemampuan literasi sains siswa. Kesimpulan dalam
penelitian ini adalah terdapat pengaruh model Creative Problem Solving terhadap
kemampuan literasi sains siswa kelas IV SD (Studi eksperimen pada pembelajaran
IPA di SD gugus XVII Kota Bengkulu).
Kata kunci : Model Creative Problem Solving, Kemampuan Literasi Sains,
IPA
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 30 May 2023 08:01 |
Last Modified: | 30 May 2023 08:01 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12087 |