Ambarita, Elisabeth V.K and Agus, Susanta and Nur, Aliyyah Irsa (2020) ANALISIS BUKU TEKS MATEMATIKA SMP KELAS VII KURIKULUM 2013 EDISI REVISI 2016 PADA MATERI PERBANDINGAN BERDASARKAN KOMPONEN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING Penelitian Deskriptif (Descriptive Research). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![A1C016048_ELISABETH V K AMBARITA_SKRIPSI.pdf [thumbnail of A1C016048_ELISABETH V K AMBARITA_SKRIPSI.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
A1C016048_ELISABETH V K AMBARITA_SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (9MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kesesuaian buku teks 
matematika kurikulum 2013 SMP kelas VII semester 2 edisi revisi 2016 pada 
materi perbandingan ditinjau dari komponen komponen Contextual Teaching And 
Learning (CTL). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Deskriptif (Descriptive 
Qualitative Research). Subjek dalam penelitian ini adalah buku Matematika 
Kemendikbud Edisi Revisi 2016 ditinjau dari aspek materi. Penelitian ini 
menunjukkan bahwa berdasarkan komponen kontruktivisme persentase 
kesesuaian buku yaitu 100 % dengan kategori sangat sesuai. Berdasarkan 
komponen penemuan persentase kesesuaian buku yaitu 36,66% dengan kategori 
kurang sesuai sesuai. Berdasarkan komponen pemodelan persentase kesesuaian 
buku yaitu 0 % dengan kategori kurang sesuai. Berdasarkan komponen bertanya 
persentase kesesuaian buku yaitu 100 % dengan kategori sangat sesuai.
Berdasarkan komponen refleksi persentase kesesuaian buku yaitu 50 % dengan 
kategori cukup sesuai. Berdasarkan komponen masyarakat belajar persentase 
kesesuaian buku yaitu 100 % dengan kategori sangat sesuai. Berdasarkan 
komponen penilaian yang sebenarnya persentase kesesuaian buku yaitu 75 % 
dengan kategori sesuai. Dapat disimpulkan bahwa buku teks matematika kelas VII 
pada bab perbandingan sesuai dengan 4 komponen CTL yaitu kontruktivisme, 
bertanya, masyarakat belajar dan penilaian yang sebenarnya dan buku teks 
matematika ini kurang sesuai dengan 3 komponen CTL yaitu pemodelan, 
penemuan dan refleksi.
Kata kunci : Analisis, Buku Teks, Kesesuaian
| Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) | 
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) | 
| Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education | 
| Depositing User: | 034 Septi Septi | 
| Date Deposited: | 30 May 2023 08:01 | 
| Last Modified: | 30 May 2023 08:01 | 
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12089 | 

