Kristiani, Febri and Syafdi, Maizora and Agus, Susanta (2020) PENGEMBANGAN LKPD DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK KELAS VIII PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![Skripsi_A1C016047_FEBRI_KRISTIANI.pdf [thumbnail of Skripsi_A1C016047_FEBRI_KRISTIANI.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
Skripsi_A1C016047_FEBRI_KRISTIANI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (7MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan cara validitas, praktikalitas dan 
efektifitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan model Discovery 
Learning untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep peserta didik 
kelas VIII pada materi teorema Pythagoras. Penelitian ini adalah penelitian 
pengembangan (Research and Development) dengan prosedur 4-D yaitu tahap 
pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan
(develop). Penelitian dilakukan di SMP N 02 Kota Bengkulu dengan jumlah siswa 
36 orang pada semester genap tahun ajaran 2019/2020. Instrumen penelitian ini 
adalah lembar validitas, praktikalitas dan efektifitas LKPD. Hasil Penelitian 
menunjukkan bahwa pengembangan LKPD matematika dengan model Discovery 
Learning kelas VIII di SMP Negeri 02 Kota Bengkulu pada materi teorema 
Pythagoras termasuk dalam kategori: (1) LKPD matematika termasuk dalam 
kategori Sangat Valid dengan skor rata-rata 4,27 dengan cara (a) LKPD 
menunjukkan kebenaran dan kesesuaian urutan dengan langkah-langkah model 
Discovery Learning pada validasi materi, (b) tulisan, gambar dan penampilan 
pada LKPD yang menarik serta mudah dibaca pada validasi konstruksi, dan (c) 
penggunaan kalimat sederhana, jelas dan mudah dipahami serta penggunaan 
kalimat tanya dan kalimat perintah sesuai pada validasi bahasa, (2) LKPD 
matematika termasuk dalam kategori Sangat Praktis dengan skor rata-rata 4,32
dengan cara petunjuk, langkah-langkah, gambar, dan permasalahan pada LKPD 
mudah dipahami oleh peserta didik, dan (3) LKPD Matematika termasuk dalam 
kategori sangat efektif dengan skor rata-rata 4,33 dengan persentase ketuntasan 
91,43% dengan cara LKPD memiliki langkah-langkah yang memuat indikator 
pemahaman konsep yaitu: a) menyatakan ulang konsep; b) mengklasifikasikan 
objek menurut sifat-sifat tertentu sesuai dengan konsepnya; c) memberi contoh 
dan bukan contoh dari suatu konsep; d) menyajikan konsep dalam berbagai 
bentuk representasi matematis; e) mengembangkan syarat perlu dan syarat cukup 
dari suatu konsep; f) menggunakan dan memanfaatkan serta memilih prosedur 
atau operasi tertentu; g) mengaplikasikan konsep atau algoritma pada pemecahan 
masalah.
Kata kunci : Discovery Learning, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Pemahaman 
Konsep, Penelitian Pengembangan
| Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) | 
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) | 
| Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education | 
| Depositing User: | 034 Septi Septi | 
| Date Deposited: | 09 Jun 2023 02:57 | 
| Last Modified: | 09 Jun 2023 02:57 | 
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12187 | 

