Rizana, Febria Kwartati and Daimun, Hambali and Irwan, Koto (2020) PENGARUH MODEL MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PEMAHAMAN, PENERAPAN, PENALARAN SISWA KELAS V MATERI IPA. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![Tesis Lengkap Febria.pdf [thumbnail of Tesis Lengkap Febria.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Tesis Lengkap Febria.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model make a match
terhadap hasil belajar kognitif level pemahaman, penerapan pada siswa kelas V
materi IPA di MI Al-Islam kota bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian
deskriptif kuantitatif dan metode eksperimen quasi experimental design.
Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V MI Al-Islam kota bengkulu berjumlah
83 siswa. Sampel penelitian ini kelas VA dan VB yang berjumlah 59 siswa. Teknik
dalam mengumpulkan data pada penelitian ini yaitu tes (pretest dan posttest).
Kemampuan Kognitif Pemahaman hasil nilai U adalah 0,017 < 0,05 dan nilai Sig.
(2-tailed) adalah sebesar 0,003< 0,05 maka H01 ditolak Ha1 diterima.
Kemampuan Kognitif Penerapan hasil nilai U adalah 0,025 < 0,05 dan nilai Sig. (2-
tailed) adalah sebesar 0,005 < 0,05 maka H02 ditolak Ha2 diterima. Kemampuan
Kognitif Penalaran hasil nilai U adalah 0,027 < 0,05 dan nilai Sig. (2-tailed) adalah
sebesar 0,000 < 0,05 maka H03 ditolak Ha3 diterima. Pada hasil uji hipotesis
pada nilai pretest dan posttest, di simpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan
penggunaan model Make a match terhadap kemampuan kognitif penalaran pada
pembelajaran IPA kelas V SD di MI Al-Islam Kota Bengkulu.
Kata Kunci : Make A Match, Pemahaman, Penerapan, Penalaran, Materi IPA
Sekolah Dasar
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 09 Jun 2023 02:57 |
Last Modified: | 09 Jun 2023 02:57 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12189 |