Erfianty, Fifien and Bambang, Sahono and Johanes, Sapri (2020) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA (Studi pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas IV SD Negeri 11 Merapi Barat Lahat). Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![Tesis Fifien Erfianty NPM A2M018003.pdf [thumbnail of Tesis Fifien Erfianty NPM A2M018003.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Tesis Fifien Erfianty NPM A2M018003.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model
pembelajaran Problem Based learning untuk meningkatkan aktivitas belajar
dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SD Negeri 11
Merapi Barat Lahat. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian
Tindakan Kelas (PTK) dan kuasi eksperimen. Subjek penelitiannya adalah
siswa kelas IV semester dua tahun pelajaran 2019/2020 SD Negeri 11
Merapi Barat Lahat. Untuk sampel kuasi eksperimen adalah kelas IVA, Kelas
IVB dan IVC. Jumlah siswa untuk kelas PTK berjumlah 20 siswa, untuk kelas
Eksperimen berjumlah 20, dan untuk kelas kontrol berjumlah 20 siswa.
Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar
penelitian dan tes. Analisis data menggunakan rata-rata mean, persentase
dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Problem
Based Learning (PBL) dapat meningkatkan aktivitas belajar dan siswa pada
mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, Dapat meningkatkan hasil prestasi
belajar siswa, dan Efektif meninkatkan prestasi belajar siswa pada mata
pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial ( IPS).
Kata kunci : Penerapan Model Problem Based Learning, Aktvitas, Prestasi
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 09 Jun 2023 03:15 |
Last Modified: | 09 Jun 2023 03:15 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12196 |