Hutagalung, Frans and Nyoman, Rohadi and Irwan, Koto (2020) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH MENGGUNAKAN VIDEO PEMBELAJARAN PADA MATERI FLUIDA STATIS (Penelitian Tindakan Kelas). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI Frans Meydy Hutagalung (A1E015034)2.pdf [thumbnail of SKRIPSI Frans Meydy Hutagalung (A1E015034)2.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
SKRIPSI Frans Meydy Hutagalung (A1E015034)2.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas pada materi fluida statis yang 
dilaksanakan dalam empat siklus yang bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan 
hasil belajar,dan keterampilan proses sains. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh 
siswa kelas XI IPA 1 SMAN 10 Kota Bengkulu yang berjumlah 28 orang. Hasil 
penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar siswa pada siklus I daya serapnya sebesar 
84,32% dan ketuntasan belajar siswa sebesar 64,28% (belum tuntas) serta nilai rata-rata 
sebesar 75,89, meningkat pada siklus II daya serapnya sebesar 88,49% dan ketuntasan 
belajar siswa sebesar 78,57% (belum tuntas) serta nilai rata-rata sebesar 79,64, 
kemudian meningkat kembali pada siklus III daya serapnya sebesar 88,54% dan 
ketuntasan belajar siswa sebesar 89,29 (tuntas) serta nilai rata-rata sebesar 84,11, dan 
meningkat lagi pada siklus IV daya serapnya sebesar 88,58% dan ketuntasan belajar 
siswa sebesar 100 (tuntas) serta nilai rata-rata sebesar 88,57. Untuk hasil tes 
keterampilan proses sains skor rata-rata kelas per siklus mengalami peningkatan tiap 
siklusnya. Pada siklus I diperoleh sebesar 79,46 dengan kategori baik, siklus II 
diperoleh sebesar 84,64 dengan kategori sangat baik, pada siklus III diperoleh skor rata�rata sebesar 86,61 dengan kategori sangat baik, dan pada siklus IV sebesar 91,25 dengan 
kategori sangat baik. Berdasaran hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan 
model pembelajaran berbasis masalah menggunakan video pembelajaran dapat 
meningkatkan hasil belajar dan keterampilan proses sains siswa pada materi Fluida 
Statis.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Keterampilan Proses Sains, Model Pembelajaran 
Berbasis Masalah
| Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) | 
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) | 
| Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education | 
| Depositing User: | 034 Septi Septi | 
| Date Deposited: | 15 Jun 2023 02:28 | 
| Last Modified: | 15 Jun 2023 02:28 | 
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12212 | 

