Fransiska, Fransiska and Syafdi, Maizora and Nurul, Astuty Yensy (2020) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 7 KOTA BENGKULU Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![A1C016012_FRANSISKA_SKRIPSI.pdf [thumbnail of A1C016012_FRANSISKA_SKRIPSI.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
A1C016012_FRANSISKA_SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara meningkatkan aktivitas belajar dan 
pemahaman konsep matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran 
kooperatif tipe Think Pair Share. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan 
Kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data melalui lembar observasi aktivitas 
belajar dan tes pemahaman konsep. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 
penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dapat 
meningkatkan aktivitas belajar dan pemahaman konsep matematika siswa kelas 
VIII C SMPN 7 Kota Bengkulu. Aktivitas belajar ditingkatkan dengan cara 
membentuk kelompok belajar yang terdiri dari 2-3 peserta didik secara heterogen, 
peserta didik diberikan teguran dan perhatian oleh guru, guru memotivasi peserta 
didik dan memberikan apresiasi seperti pujian dan tepuk tangan kepada peserta 
didik yang aktif. Hal ini ditandai dengan peningkatan aktivitas belajar siswa dan 
pemahaman konsep siswa dari pra siklus hingga siklus I. Pada siklus I aktivitas 
belajar siswa meningkat pada setiap pertemuan. Pertemuan 1 dengan rata-rata skor 
16,5. Pertemuan 2 dengan rata-rata skor 20. Pertemuan 3 dengan rata-rata skor 22. 
Pertemuan 4 dengan rata-rata skor 24. Oleh karena itu, diperoleh nilai rata-rata skor 
siklus I adalah 20,62 dengan kategori cukup aktif. Peningkatan pemahaman konsep 
matematika siswa dapat dilihat dari persentase pencapaian seluruh peserta didik 
untuk setiap indikator pemahaman konsep dari pra siklus hingga siklus I. Pada pra 
siklus persentase pencapaian seluruh peserta didik untuk setiap indikator 
pemahaman konsep yaitu 46,09% dengan kategori sedang dan meningkat pada 
siklus I yaitu 61,22% dengan kategori sedang. 
Kata Kunci : Think pair share, aktivitas belajar dan pemahaman konsep
 matematika
| Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) | 
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) | 
| Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education | 
| Depositing User: | 034 Septi Septi | 
| Date Deposited: | 15 Jun 2023 02:28 | 
| Last Modified: | 15 Jun 2023 02:28 | 
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12213 | 

