Fransiska, Fransiska and Syafdi, Maizora and Nurul, Astuty Yensy (2020) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 7 KOTA BENGKULU Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![A1C016012_FRANSISKA_SKRIPSI.pdf [thumbnail of A1C016012_FRANSISKA_SKRIPSI.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
A1C016012_FRANSISKA_SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara meningkatkan aktivitas belajar dan
pemahaman konsep matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran
kooperatif tipe Think Pair Share. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan
Kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data melalui lembar observasi aktivitas
belajar dan tes pemahaman konsep. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dapat
meningkatkan aktivitas belajar dan pemahaman konsep matematika siswa kelas
VIII C SMPN 7 Kota Bengkulu. Aktivitas belajar ditingkatkan dengan cara
membentuk kelompok belajar yang terdiri dari 2-3 peserta didik secara heterogen,
peserta didik diberikan teguran dan perhatian oleh guru, guru memotivasi peserta
didik dan memberikan apresiasi seperti pujian dan tepuk tangan kepada peserta
didik yang aktif. Hal ini ditandai dengan peningkatan aktivitas belajar siswa dan
pemahaman konsep siswa dari pra siklus hingga siklus I. Pada siklus I aktivitas
belajar siswa meningkat pada setiap pertemuan. Pertemuan 1 dengan rata-rata skor
16,5. Pertemuan 2 dengan rata-rata skor 20. Pertemuan 3 dengan rata-rata skor 22.
Pertemuan 4 dengan rata-rata skor 24. Oleh karena itu, diperoleh nilai rata-rata skor
siklus I adalah 20,62 dengan kategori cukup aktif. Peningkatan pemahaman konsep
matematika siswa dapat dilihat dari persentase pencapaian seluruh peserta didik
untuk setiap indikator pemahaman konsep dari pra siklus hingga siklus I. Pada pra
siklus persentase pencapaian seluruh peserta didik untuk setiap indikator
pemahaman konsep yaitu 46,09% dengan kategori sedang dan meningkat pada
siklus I yaitu 61,22% dengan kategori sedang.
Kata Kunci : Think pair share, aktivitas belajar dan pemahaman konsep
matematika
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 15 Jun 2023 02:28 |
Last Modified: | 15 Jun 2023 02:28 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12213 |