Nugraheni, Hairunisa and Indah, Damayanti and Zahrida, Zahrida (2020) THE ANALYSIS OF TEENAGER VALUES IN THE ADVENTURE OF TOM SAWYER BY MARK TWAIN. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![Hairunisa Nugraheni Thesis.pdf [thumbnail of Hairunisa Nugraheni Thesis.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Hairunisa Nugraheni Thesis.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu jenis nilai-nilai pada tokoh�tokoh remaja dari novel Mark Twain yang berjudul Petualangan Tom
Sawyer serta mencari tahu kesamaannya dengan karakter remaja Indonesia.
Penelitian pustaka (dokumentasi) dan metode kualitatif deskriptif
digunakan untuk pelaksanaan penelitian. Temuan data-data diidentifikasi
menggunakan teori kebijaksanaan dan kekuatan karakter-karakter dari
Peterson dan Seligman (2004) kemudian peneliti mencari tahu kesamaan
mereka dengan watak remaja Indonesia berdasarkan teori Pendidikan
Karakter dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dengan menggunakan
ceklis dan tabulasi sederhana. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa 1)
Terdapat 22 nilai-nilai yang ditemukan pada tokoh-tokoh remaja dari
novel Mark Twain yang berjudul Petualangan Tom Sawyer seperti rasa
ingin tahu, kreativitas, berpikiran terbuka, cinta belajar, kebijaksanaan,
keberanian, kejujuran, keteguhan, kebugaran, kecintaan, kebaikan,
kecerdasan sosial, keadilan, kepemimpinan, kerendahan hati, kehati-hatian,
pengendalian diri, mengapresiasi keindahan dan keunggulan, rasa syukur,
harapan, kelucuan, and spiritualitas; 2) Terdapat enam sifat-sifat yang
mirip yang ada di ke-22 nilai-nilai yang ditemukan pada tokoh-tokoh
remaja dan watak remaja Indonesia (Pendidikan Karakter) yaitu religius,
jujur, kreatif, dan rasa ingin tahu. Kesimpulan dari penelitian ini ada 2
diantara lain, 1) Tokoh-tokoh remaja di dalam novel Mark Twain yang
berjudul The Adventure of Tom Sawyer secara dominan memiliki
kepribadian yang baik berdasarkan teori kebajikan dan kekuatan karakter
milik Peterson dan Seligman. 2) Terdapat enam kesamaan nilai (agama,
jujur, kreatif, rasa ingin tahu, suka membaca, dan peduli sosial) di tokoh
remaja Indonesia dan nilai remaja dari novel Mark Twain berjudul The
Adventure of Tom Sawyer.
Kata Kunci : Nilai-nilai Remaja, Remaja, Pendidikan Karakter
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of English Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 15 Jun 2023 03:38 |
Last Modified: | 15 Jun 2023 03:38 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12227 |