Herwansyah, Herwansyah and Endang, Widi Winarni and Agus, Susanta (2020) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP PENGUASAAN KONSEP IPA DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V MI AL-ISLAM KOTA BENGKULU. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![TESIS HERWANSYAH.pdf [thumbnail of TESIS HERWANSYAH.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TESIS HERWANSYAH.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based
leraning (PBL) terhadap penguasaan konsep IPA dan keterampilan berpikir kritis
siswa MI Al-Islam Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian
kuantitatif. Metode yang digunakan adalah quasy experiment. Desain pada
penelitian ini yaitu The Matching Only Prettest-Posttest Control Group Design.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V MI Al-Islam Kota
Bengkulu. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VB berjumlah 27 siswa
sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VA berjumlah 32 siswa sebagai kelas
kontrol. Instrumen yang diberikan berupa tes tertulis terdiri atas variabel
penguasaan konsep IPA dan keterampilan berpikir kritis. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan model problem based leraning
terhadap penguasaan konsep IPA dan keterampilan berpikir kritis siswa kelas V
MI Al-Islam Kota Bengkulu.
Kata Kunsi : Model Problem Based Learning, Penguasaan Konsep IPA,
Keterampilan Berpikir Kritis
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 20 Jun 2023 09:06 |
Last Modified: | 20 Jun 2023 09:06 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12260 |