Juliani, Hesti and Iwan, Setiawan and Desy, Hanisa Putri (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA CROCODILE PHYSICS TERHADAP PENGUASAAN KONSEP FISIKA MATERI USAHA DAN ENERGI DI SMAN 1 BENGKULU TENGAH (Quasi Experiment Research). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![NASKAH SKRIPSI HESTI J FIX CD.pdf [thumbnail of NASKAH SKRIPSI HESTI J FIX CD.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
NASKAH SKRIPSI HESTI J FIX CD.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran 
problem based learning berbantuan media crocodile physics terhadap penguasaan 
konsep fisika materi usaha dan energi di SMAN 1 Bengkulu Tengah. Jenis penelitian 
yang digunakan adalah penelitian Quasi Experiment. Sampel penelitian diambil 
menggunakan teknik purposive sampling yang sebelumnya telah diuji normalitas dan 
homogenitasnya sehingga ditetapkan siswa kelas X IPA 3 sebagai kelas uji coba 
(eksperimen) dan kelas X IPA 1 sebagai kelas kelas kontrol. Teknik pengumpulan data 
menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk mendapatkan populasi dan 
sampel serta tes untuk tingkat penguasaan konsep fisika. Analisis data diuji menggunakan 
analisis korelasi product moment. Uji prasyarat analisis data berupa uji normalitas dan 
homogenitas. Berdasarkan analisa data diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh 
positif yang besar dari penerapan model pembelajaran Problem Based Learning 
berbantuan media Crocodile Physics terhadap penguasaan konsep fisika materi usaha dan 
energi Di SMAN 1 Bengkulu Tengah. Hal ini ditunjukkan dari hasil uji t dimana nilai t
hitung lebih besar dari t tabel (7,77 > 1,99 untuk ) dan (7,77 > 1,66 untuk ) 
serta uji effec size sebesar 1,94 yang masuk dalam kriteria besar. Jadi dapat disimpulkan 
bahwa model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media Crocodile 
Physics memberikan pengaruh yang besar terhadap kemampuan penguasaan konsep 
fisika siswa.
Kata kunci : Besar pengaruh, penguasaan konsep, problem based learning, crocodile 
physics
| Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) | 
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) | 
| Divisions: | Faculty of Education > Department of Chemistry Education | 
| Depositing User: | 034 Septi Septi | 
| Date Deposited: | 21 Jun 2023 03:26 | 
| Last Modified: | 21 Jun 2023 03:26 | 
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12264 | 

