Anggraini, Ika Nurma and Ringki, Agustinsa and Teddy, Alfra Siagian (2020) ANALISIS SOAL PADA BUKU TEKS MATEMATIKA SISWA KELAS VII EDISI REVISI 2017 PADA MATERI BILANGAN BERDASARKAN PADA TAKSONOMI BLOOM Penelitian Deskriptif Kualitatif (Qualitative Descriptive Research). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![A1C016052_Ika Nurma Anggraini_ Skripsi.pdf [thumbnail of A1C016052_Ika Nurma Anggraini_ Skripsi.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
A1C016052_Ika Nurma Anggraini_ Skripsi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Dalam buku ajar juga dimuat soal yang digunakan mengukur kemampuan 
peserta didik. Masih banyak peserta didik yang bingung terhadap soal-soal 
yang ada pada buku teks peserta didik kelas VII edisi revisi 2017 pada materi 
bilangan. Bagaimana sebaran tingkat kognitif pada soal pada buku teks 
matematika siswa kelas VII edisi revisi 2017 pada materi bilangan 
berdasarkan Taksonomi Bloom ?. Berdasarkan pada Taksonomi Bloom ada 6 
tingkat proses kognitif. Dalam tingkat kognitif mencangkup dari C1 
“Mengingat”, C2 “Memahami”, C3 “Mengaplikasikan”, C4 “Menganalisis”, 
C5 “Mengevaluasi”, C6 “Mencipta”. Jenis penilitian ini Deskriptif Kualitatif. 
Data pada penelitian ini dengan jumlah soal pada materi Bilangan pada buku 
teks matematika SMP kelas VII kurikulum 2013 revisi, terdapat 246 soal 
dengan pilihan ganda 55 soal dan essay 191 soal. Pada soal pilihan ganda 
hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kategori Level kognitif C2 
“Memahami” sebanyak 18,2% (10 soal), C3 “Mengaplikasikan” sebanyak 
80% (44 soal), C4 “Menganalisis” sebanyak 1,8% (1 soal) dan pada level C1 
“Mengingat”, C5 “Mengevaluasi” dan C6 “Mencipta” tidak ada sama sekali.
Sedangkan pada soal essay hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kategori 
Level kognitif C2 “Memahami” sebanyak 16,23% (31 soal), C3
“Mengaplikasikan” sebanyak 74,34% (142 soal), C4 “Menganalisis” 
sebanyak 7,85% (15 soal) C6 “Mencipta” sebanyak 1,58% (3 soal) dan pada 
level C1 “Mengingat” dan C5 “Mengevaluasi” tidak ada sama sekali.
Kata Kunci : Buku Teks Matematika, Taksonomi Bloom, Tingkat Kognitif
| Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) | 
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) | 
| Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education | 
| Depositing User: | 034 Septi Septi | 
| Date Deposited: | 22 Jun 2023 02:44 | 
| Last Modified: | 22 Jun 2023 02:44 | 
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12275 | 

