Ludiman, Ludiman and Sugeng, Suharto and Suratman, Suratman (2023) PERAN PEJABAT PENGELOLA INFORMASI DAN DOKUMENTASI (PPID) KOMISI PEMILIHAN UMUM (KPU) KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![Thesis [thumbnail of Thesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
Hasil Skripsi Ludiman - Ludiman.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Keterbukaan informasi publik merupakan hal yang penting dalam mewujudkan
tata kelola pemerintahan yang baik. Dengan adanya hal tersebut, kinerja
pemerintah dalam penyelenggaraan negara akan membuat masyarakat dapat ikut
berpartisipasi aktif mengontrol kebijakan yang diambil suatu badan publik. Oleh
karena itu, diperlukannya pengelola informasi disetiap badan publik. Seperti
halnya, Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) di Komisi
Pemilihan Umum (KPU) Kota Bengkulu, dimana masih ada keluhan terhadap
pengelolaan informasi yang belum optimal dilakukan oleh PPID KPU Kota
Bengkulu. Skripsi ini berjudul Peran Pejabat Pengelola Informasi Dan
Dokumentasi (PPID) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bengkulu. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan peran PPID KPU Kota
Bengkulu sebagaimana dalam PKPU Nomor 1 Tahun 2015. Aspek dalam
penelitian ini meliputi merencanakan, mengorganisasikan, melaksanakan,
mengawasi dan mengevaluasi informasi, menghimpun informasi, menata dan
menyimpan informasi, menyeleksi dan menguji informasi yang dikecualikan,
penyelesaian sengketa, pengujian konsekuensi. Informan dalam penelitian ini
terdiri dari 1 orang pelaksana PPID, 1 orang atasan PPID, 1 orang pembina PPID
dan 3 orang penerima pelayanan PPID. Teknik pengumpulan data menggunakan
Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Dalam teknik analisis data dari
penelitian ini ialah sebagai berikut : pada aspek merencanakan,
mengorganisasikan, melaksanakan, mengawasi dan mengevaluasi sudah baik ;
aspek menghimpun informasi sudah baik ; aspek menata dan menyimpan
informasi belum baik masih ada keluhan ; aspek menyeleksi dan menguji
informasi yang dikecualikan sudah baik ; aspek penyelesaian sengketa sudah baik
; aspek pengujian konsekuensi sudah baik. Saran dari penelitian ini, Diharapkan
PPID KPU Kota Bengkulu untuk meningkatkan fasillitas yang dapat menunjang
pengelolaan informasi secara optimal di KPU Kota Bengkulu.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Social & Politics Science > Department of Public Administration |
Depositing User: | 58 darti daryanti |
Date Deposited: | 05 Jul 2023 01:58 |
Last Modified: | 05 Jul 2023 02:10 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12381 |