Ulfah, Aulia Agrindha and Jumiarni, Jumiarni and Yennita, Yennita (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIIB SMP NEGERI 22 KOTA BENGKULU PADA MATERI EKOSISTEM. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![THESIS.pdf [thumbnail of THESIS.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
THESIS.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (13MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta
didik dengan menggunakan model Discovery Learning di kelas VII B SMPN 22 Kota
Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan metode
deskriptif. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap
yaitu: tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini
adalah guru dan seluruh peserta didik kelas VII B SMPN 22 Kota Bengkulu. Instrumen
penelitian yang digunakan adalah lembar tes. Hasil analisis persentase ketuntasan belajar
peserta didik ranah kognitif yaitu 53,12% di siklus I menjadi 75% di siklus II. Sedangkan
ranah psikomotor rerata skor pada siklus I adalah 9,28 dengan kategori cukup dan
meningkat pada siklus II menjadi 10,63 dengan kategori baik. Berdasarkan Penelitian
Tindakan Kelas (PTK) yang telah dilaksanakan pada Kelas VIIB SMPN 22 Kota
Bengkulu dengan menerapkan model Discovery Learning pada materi Sistem Koordinasi
dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Kata Kunci : Discovery Learning dan Hasil Belajar Peserta Didik
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Biology Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 06 Jul 2023 02:37 |
Last Modified: | 06 Jul 2023 02:37 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12457 |