Dahniar, Rahma and Yennita, Yennita and Irawati, Sri (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIIA SMP NEGERI 13 BENGKULU UTARA. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![THESIS.pdf [thumbnail of THESIS.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
THESIS.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (13MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas peserta
didik dan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan model Pembelajaran
Berbasis Masalah dikelas VIIA SMP Negeri 13 Bengkulu Utara. Jenis penelitian
ini adalah penelitian Tindakan Kelas dengan metode deskriptif. Penelitian ini
terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu
perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian yaitu guru
dan seluruh peserta didik kelas VIIA SMP Negeri 13 Bengkulu Utara. Instrumen
penelitian yang digunakan adalah lembar tes dan lembar observasi. Hasil analisis
data aktivitas guru siklus I diperoleh skor rata-rata yaitu 48 (Baik) dan siklus II
skor aktivitas guru menjadi 49,5 (Baik). Pada siklus I aktivitas belajar peserta
didik diperoleh skor rata-rata 47 (Baik). Siklus II skor rata-rata aktivitas peserta
didik yaitu 49 (Baik). Hasil analisis persentase ketuntasan belajar peserta didik
ranah kognitif siklus 1 yaitu 70,37% (tidak tuntas) dan pada siklus II meningkat
menjadi 81,48% (tuntas). Hasil belajar ranah psikomotor pada siklus I diperoleh
rata-rata skor yaitu 14,8 (Cukup) dan pada siklus II mengalami peningkatan
menjadi 15,6 (Baik). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model
pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan aktivitas guru dan peserta
didik serta hasil belajar peserta didik dikelas VIIA SMP Negeri 13 Bengkulu
Utara.
Kata Kunci : Model pembelajaran berbasis masalah, aktivitas guru dan peserta
didik dan hasil belajar peserta didik.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Biology Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 06 Jul 2023 08:25 |
Last Modified: | 06 Jul 2023 08:25 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12473 |