Verdianingsih, Tiyas Utami and Irawati, Sri and Jumiarni, Dewi (2019) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNINGUNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA KELAS VIIIjSMPN 5 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![THESIS.pdf [thumbnail of THESIS.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
THESIS.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (13MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas
peserta didik dan hasil belajar menggunakan model discovery learning di Kelas
VIIIj SMPN 5 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas
dengan metode deskriptif. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, masing-masing
siklus terdiri dari 4 tahap yaitu : tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan
refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru peneliti dan seluruh peserta didik kelas
VIIIjSMPN 5 Kota Bengkulu. Variabel penelitian ini adalah model discovery
learning, aktivitas mengajar guru, aktivitas belajar peserta didik dan hasil belajar
ranah kognitif dan psikomotor. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini
yaitu observasi dan tes. Hasil analisis data aktivitas guru siklus I diperoleh skor
rata-rata yaitu 44 (baik) dan pada siklus II skor aktivitas guru menjadi 46 (baik).
Hasil analisis data aktivitas peserta didik pada siklus I diperoleh skor rata-rata 43
(baik) dan pada siklus II skor aktivitas peserta didik menjadi 46 (baik). Persentase
ketuntasan hasil belajar ranah kognitif pada siklus I yaitu 63,3% yang termasuk
kedalam kategori belum tuntas dan pada siklus II persentase ketuntasan hasil
belajar peserta didik dalam ranah kognitif mengalami peningkatan menjadi 80%
dan termasuk dalam kategori tuntas. Selanjutnya hasil analisis data hasil belajar
peserta didik ranah psikomotor siklus I diperoleh skor rata-rata yaitu 14,03 (baik)
dan pada siklus II skorhasil belajar peserta didik ranah psikomotor menjadi 17
(baik). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran
discovery learningdapat meningkatkan hasil belajar peserta didik di Kelas VIIIj
SMPN 5 Kota Bengkulu.
Kata kunci : model discovery learning, aktivitas, dan hasil belajar
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Biology Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 06 Jul 2023 08:25 |
Last Modified: | 06 Jul 2023 08:25 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12487 |