Yuliana, Maelan Tri and Syahriman, Syahriman and Rita, Sinthia (2019) HUBUNGAN ANTARA INTERAKSI SOSIAL TEMAN SEBAYA DENGAN PENERIMAAN SOSIAL SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 09 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![THESIS.pdf [thumbnail of THESIS.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
THESIS.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (13MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara interaksi sosial teman
sebaya dengan penerimaan sosial pada siswa kelas XI di SMA Negeri 9 Kota Bengkulu.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis korelasional.
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI dengan jumlah siswa sebanyak 76
orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini ialah dengan menggunakan total
sampling. Alat pengumpulan data menggunakan skala interaksi sosial teman sebaya dan
skala penerimaan sosial. Uji validitas instrumen menggunakan product moment dari
Pearson, sedangkan reliabilitas menggunakan Alpha cronbach dengan nilai koefisien
0,753 pada interaksi sosial teman sebaya dan 0,908 pada penerimaan sosial. Analisis data
untuk menguji hipotesis dengan menggunakan teknik korelasi product moment dari
Pearson.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan
signifikan antara interaksi sosial teman sebaya dengan penerimaan sosial pada siswa kelas
XI di SMA Negeri 09 Kota Bengkulu. Hal ini ditunjukkan dengan koefisien korelasi (rxy)
sebesar 0,249 atau lebih dari 0,05 dan p = 0,000 (p < 0,05) yang berarti hipotesis alternatif
(Ha) diterima. Besarnya koefisien korelasi bersifat positif, artinya semakin tinggi tingkat
interaksi sosial teman sebaya siswa, semakin tinggi pula tingkat penerimaan sosial,
sebaliknya, semakin rendah tingkat interaksi sosial teman sebaya siswa, semakin rendah
pula tingkat penerimaan sosial.
Kata kunci : interaksi sosial teman sebaya, penerimaan sosial
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Guidance and Counseling Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 10 Jul 2023 03:34 |
Last Modified: | 10 Jul 2023 03:34 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12523 |