HUBUNGAN ANTARA INTENSITAS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DAN PENALARAN MORAL TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL PADA SISWA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI I MUKOMUKO DAN KELAS XI IPA SMA NEGERI 7 MUKOMUKO

Novel, Veris and Dharmayana, I Wayan and Arsyadani, Mishbahuddin (2019) HUBUNGAN ANTARA INTENSITAS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DAN PENALARAN MORAL TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL PADA SISWA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI I MUKOMUKO DAN KELAS XI IPA SMA NEGERI 7 MUKOMUKO. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of THESIS.pdf] Text
THESIS.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara intensitas penggunaan
media sosial dan penalaran moral dengan keterampilan sosial pada siswa kelas XI
IPS di SMA Negeri 1 Mukomuko dan kelas XI IPA SMA Negeri 7 Mukomuko.
Penelitian ini adalah penelitian korelasi dengan instrument angket. Teknik
pengumpulan data melalui angket intensitas penggunaan media sosial dan
penalaran moral dengan keterampilan sosial, teknik korelasi product moment dan
korelasi ganda . Hasil yang di peroleh dalam penelitian adalah hubungan yang
signifikan antara intensitas penggunaan media sosial dengan keterampilan sosial
dengan nilai rx1y 0,361, adanya hubungan yang signifikan antara penalaran moral
dengan keterampilan sosial dengan nilai rx2y 0,393 dan adanya hubungan yang
signifikan antara intensitas penggunaan media sosial dan penalaran moral dengan
keterampilan sosial dengan nilai rx1x2y 0.166. apabila diubah dalam bentuk
persentase menjadi 16,6 %. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa
adanya hubungan yang signifikan antara intensitas penggunaan media sosial dan
penalaran moral dengan keterampilan sosial pada siswa kelas XI IPS di SMA
Negeri 1 Mukomuko dan kelas XI IPA SMA Negeri 7 Mukomuko dengan tingkat
hubungan kuat.
Kata kunci: Intensitas Penggunaan Media Sosial, Penalaran Moral, dan
Keterampilan Sosial

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Guidance and Counseling Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 10 Jul 2023 03:34
Last Modified: 10 Jul 2023 03:34
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12552

Actions (login required)

View Item
View Item