Santoso, Budi and Putri, Desy Hanisa and Rosane, Medriati (2019) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU ALAT PERAGA KONSEP GERAK LURUS DI KELAS X IPA 3 SMAN 3 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![Skripsi Budi Santoso (A1E015012). PDF.pdf [thumbnail of Skripsi Budi Santoso (A1E015012). PDF.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi Budi Santoso (A1E015012). PDF.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas pada konsep gerak lurus yang
dilaksanakan dalam tiga siklus bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas
belajar, motivasi belajar dan kemampuan pemecahan masalah siswa. Subjek
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA 3 SMAN 3 Kota Bengkulu yang
berjumlah 33 siswa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa jumlah skor rata-rata
aktivitas belajar siswa siklus I sebesar 43 dalam kategori aktif, siklus II sebesar 48
dalam kategori aktif, dan siklus III sebesar 51 dalam kategori aktif. Motivasi
belajar siswa sebelum mengikuti proses pembelajaran berada pada kategori rendah
dengan tinggi rata-rata yaitu 71,73 dan pada saat setelah mengikuti proses
pembelajaran skor rata-rata motivasi belajar siswa meningkat menjadi 77,32 yang
berada pada kategori tinggi. Kemampuan pemecahan masalah siswa pada siklus I
yaitu 75,53 dengan kategori KPM sedang, pada siklus II yaitu 85,53 dengan
kategori KPM tinggi dan siklus III yaitu 90,68 dengan kategori KPM sangat
tinggi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model
Problem Based Learning berbantu alat peraga dapat meningkatkan aktivitas
belajar, motivasi belajar dan kemampuan pemecahan masalah siswa.
Kata kunci : Model Probem Based Lerning, Aktivitas Belajar Siswa, Motivasi
Belajar, Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Physic Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 10 Jul 2023 03:33 |
Last Modified: | 10 Jul 2023 03:33 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12589 |