Daryanti, Safri and Sakti Lubis, Indra and Dedy, Hamdani (2019) PENGARUH PEMBELAJARAN MODEL PROBLEM SOLVING BERORIENTASI HOTS TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DI SMAN 1 BENGKULU TENGAH. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI.pdf [thumbnail of SKRIPSI.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Telah dilakukan penelitian yang bertujuan untuk (1) Menemukan pengaruh
model Problem Solving berorientasi HOTS terhadap hasil belajar fisika di SMAN
1 Bengkulu Tengah (2) Mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa
dengan pembelajaran model Problem Solving berorientasi HOTS di SMAN 1
Bengkulu Tengah. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experiment Research tipe
nonequivalent control group design dan one group pretest-posttest design. Sampel
penelitian adalah kelas X MIPA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 1
sebagai kelas kontrol yang diambil menggunkan teknik Purposive Sampling. Data
kuantitatif diperoleh dari pretest dan posttest untuk mengukur hasil belajar fisika
dan kemampuan pemecahan masalah siswa. Analisis data dalam penelitian ini
menggunkan uji-t dengan Software Microsoft Exel 2010. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara
siswa yang diajar dengan pembelajaran model Problem Solving Berorientasi
HOTS dengan siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional. Hal
ini ditunjukkan oleh pada taraf signifikan 95% yang artinya
terdapat pengaruh pembelajaran model Problem Solving berorientasi HOTS
terhadap hasil belajar siswa (2) terdapat peningkatan kemampuan pemecahan
masalah siswa dengan pembelajaran model Problem Solving Berorientasi HOTS
di SMAN 1 Bengkulu Tengah. Hal ini ditunjukkan dengan adanya kenaikan hasil
tes kemampuan pemecahan masalah siswa setelah diajarkan dengan pembelajaran
model Problem Solving Berorientasi HOTS sebesar 44,08, berarti pembelajaran
model Problem Solving Berorientassi HOTS meingkatkan kemampuan
pemecahan masalah siswa.
Kata Kunci: Problem Solving, Higher Order Thinking Skill (HOTS), Hasil Belajar
Fisika, Kemampuan Pemecahan Masalah
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Physic Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 10 Jul 2023 04:47 |
Last Modified: | 10 Jul 2023 04:47 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12622 |