Oktaria, Deni and Handayani, Dewi and Elvinawati, Elvinawati (2019) STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI MAN REJANG LEBONG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DAN PEER LED GUIDED INQUIRY (PLGI). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI.pdf [thumbnail of SKRIPSI.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan antara 
hasil belajar siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan 
model pembelajaran Peer Led Guided Inquiry (PLGI) pada materi 
hidrolisis garam di kelas XI IPA MAN Rejang Lebong. Bentuk penelitian ini 
merupakan penelitian eksperimen semu. Analisis data yang digunakan 
adalah nilai rata-rata (mean), uji normalitas, uji homogenitas dan uji 
hipotesis (uji t). Hasil belajar peserta didik pada penelitian ini dilihat dari 
selisih nilai pretest dan postest. Rata-rata selisih nilai pretest dan postest 
pada ranah kognitif untuk kelas Peer Led Guided Inquiry (PLGI) dan kelas 
jigsaw adalah 50,379 dan 46,818. Sedangkan nilai rata-rata pada ranah 
psikomotor untuk kelas Peer Led Guided Inquiry (PLGI) dan kelas jigsaw 
adalah 83,686 dan 78,09. Hasil uji t dengan taraf signifikan (α = 0,05), 
didapatkan nilai pada ranah kognitif yaitu nilai sig.(2-tailed) 0,047 < 0,05 
dan pada ranah psikomotor yaitu sig.(2-tailed) 0,031 < 0,05. Hal ini 
menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil 
belajar kimia siswa dengan menggunakan model pembelajaran Peer Led 
Guided Inquiry (PLGI) dan model pembelajaran jigsaw.
Kata kunci : Hasil Belajar, Peer Led Guided Inquiry (PLGI), Jigsaw
| Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) | 
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) | 
| Divisions: | Faculty of Education > Department of Chemistry Education | 
| Depositing User: | 034 Septi Septi | 
| Date Deposited: | 10 Jul 2023 08:45 | 
| Last Modified: | 12 Jul 2023 02:11 | 
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12640 | 

