Napitupuluh, Elfrida and Elvia, Rina and Salastri, Rohiat (2019) PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DAN THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![skripsi elfrida.pdf [thumbnail of skripsi elfrida.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
skripsi elfrida.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menentukan perbedaan minat dan hasil
belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Team Assisted
Individualization (TAI) dan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) pada
materi persamaan reaksi kimia di kelas X MIA SMAN 8 Kota Bengkulu. Jenis
penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Analisis data yang digunakan adalah
rata-rata (mean), uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis (uji t). Hasil
penelitian secara umum menunjukkan bahwa penerapan model Team
Assisted Individualization (TAI) mampu memberikan hasil belajar yang lebih
tinggi dari model Think Pair Share (TPS), berdasarkan tes yang dilakukan
didapatkan perolehan nilai N-Gain Score pada model pembelajaran Team
Assisted Individualization (TAI) sebesar 0,765 dan model pembelajaran
Think Pair Share sebesar 0,707. Sedangkan minat belajar kimia siswa pada
kedua kelas memperoleh persentase sebesar 81,272% untuk model
pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dan 76,647% untuk
model pembelajaran Think Pair Share (TPS) . Hasil uji t pada aspek kognitif
didapatkan nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,013 dan pada aspek afektif sebesar
0,000. Hal tersebut menyatakan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan
pada minat dan hasil belajar kimia yang menerapkan model pembelajaran
Team Assisted Individualization dengan kelas yang menerapkan model
pembelajaran Think Pair Share
Kata Kunci : Minat Belajar, Hasil Belajar, Team Assisted Individualization,
Think Pair Share
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Chemistry Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 10 Jul 2023 08:44 |
Last Modified: | 10 Jul 2023 08:44 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12643 |