STUDI PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E DAN GUIDED DISCOVERY LEARNING MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA

Kartini, Putri and Bahar, Amrul and Elvinawati, Elvinawati (2019) STUDI PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E DAN GUIDED DISCOVERY LEARNING MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of skipsi putri kartini (A1F01514).pdf] Text
skipsi putri kartini (A1F01514).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan hasil belajar kimia
siswa yang menerapkan model pembelajaran Learning Cycle 5E dengan
Guided Discovery Learning menggunakan media video pembelajaran
pada materi kesetimbangan ion dalam larutan garam di kelas XI MIA
SMAN 08 Kota Bengkulu. Penelitian dilakukan pada bulan Februari - April
tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah Quasi eksperimen
research. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA yang
berjumlah 136 siswa. Pengambilan sampel dilakukan setelah uji
normalitas dan homogenitas, maka dipilih kelas XI MIA 3 sebagai kelas
eksperimen 1 dan XI MIA 4 sebagai kelas eksperimen 2 dengan teknik
random sampling. Data hasil belajar siswa diperoleh dari nilai pre-test dan
post-test. Berdasarkan selisih nilai rata-rata pre-test dan post-test kelas
eksperimen 1 lebih tinggi dibandingkan kelas eksperimen 2. Selisih nilai
rata-rata pre-test dan post-test kelas eksperimen 1 dan eksperimen 2 yaitu
57,06 dan 52,57. Uji hipotesis dilakukan menggunakan aplikasi SPSS
23.0 dengan taraf signifikan 0,05 dan didapatkan nilai signifikansi > 0.05
yaitu 0.214. Hasil uji hipotesis disimpulkan bahwa tidak terdapat
perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen 1 yang menerapkan
model pembelajaran Learning Cycle 5E dengan kelas yang eksperimen 2
yang menerapkan model pembelajaran Guided Discovery Learning
menggunakan media video pembelajaran
Kata Kunci : Learning Cycle 5E, Guided Discovery Learning, Video
Pembelajaran, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Chemistry Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 10 Jul 2023 08:38
Last Modified: 10 Jul 2023 08:38
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12658

Actions (login required)

View Item
View Item