PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA ANTARA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN STAD DI SMP NEGERI 18 KOTA BENGKULU

Munanadar, Adis and Hanifah, Hanifah and Syafdi, Maizora (2019) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA ANTARA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN STAD DI SMP NEGERI 18 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of A1C015012_ Adis Munandar_Skripsi.pdf] Text
A1C015012_ Adis Munandar_Skripsi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa
yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw lebih tinggi dari
hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif
tipe STAD di kelas VIII SMPN 18 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan
penelitian eksperimen semu. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa
kelas VIII SMPN 18 Kota Bengkulu semester genap tahun ajaran 2018/2019.
Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling sehingga diperoleh
kelas VIII 1 sebagai kelas eksperimen 1 dengan siswa yang berjumlah 26 orang
yang mendapat perlakuan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan kelas
VIII 3 sebagai kelas eksperimen 2 dengan siswa yang berjumlah 31 orang yang
mendapat perlakuan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen tes hasil belajar
(posttest) berupa soal esai. Instrumen posttest diujicobakan terlebih dahulu dengan
menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji taraf kesukaran dan uji daya
pembeda. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan uji-t diperoleh
nilai signifikan = 0,016 ≤ taraf signifikan = 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa
hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif
tipe Jigsaw lebih tinggi dari hasil belajar matematika siswa yang menggunakan
model pembelajaran kooperatif tipe STAD di kelas VIII SMPN 18 Kota
Bengkulu.
Kata kunci : Jigsaw, STAD, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 11 Jul 2023 02:05
Last Modified: 11 Jul 2023 02:22
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12677

Actions (login required)

View Item
View Item