Panduwinata, Berta and Muchlis, Effie Efrida and Syafdi, Maizora (2019) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN PENDEKATAN SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 10 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
SKRIPSI_A1C015021_BERTA PANDUWINATA.pdf
Download (17MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning
dengan pendekatan SAVI terhadap aktivitas dan hasil belajar peserta didik kelas
VIII di SMP Negeri 10 Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang dilakukan adalah
penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian The Nonequivalent Posttest�Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta
didik kelas VIII SMP Negeri 10 Kota Bengkulu. Sampel dalam penelitian ini adalah
peserta didik kelas VIII.F yang berjumlah 27 orang sebagai kelas kontrol dan kelas
VIII.G berjumlah 32 orang sebagai kelas eksperimen. Pelaksanaan penelitian
dilakukan 6 kali pertemuan pembelajaran untuk masing-masing kelas sampel. Data
hasil penelitian menunjukkan untuk aktivitas, hasil dari lembar observasi
pengamatan aktivitas didapatkan skor rata-rata kelas eksperimen yaitu 4,15. Nilai
ini lebih tinggi dari kelas kontrol yaitu 3,83. Berdasarkan perhitungan lembar
observasi dan pengamatan, peserta didik kelas eksperimen menunjukkan aktivitas
yang lebih aktif dibanding peserta didik kelas kontol yang terlihat dari tahap
stimulation dan data collection yang memunculkan semua unsur SAVI. Untuk hasil
belajar, menggunakan uji-t didapatkan nilai
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 11 Jul 2023 02:37 |
Last Modified: | 11 Jul 2023 02:37 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12684 |