PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA ANTARA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN TAI DI KELAS VIII SMP NEGERI 6 KOTA BENGKULU

Apriyanti, Peni and Maizora, Syafdi and Agus, Susanta (2019) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA ANTARA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN TAI DI KELAS VIII SMP NEGERI 6 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of A1C015001_PENI APRIYANTI_SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
A1C015001_PENI APRIYANTI_SKRIPSI.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar matematika
siswa antara model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement
division (STAD) dengan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted
Individualization (TAI) di kelas VIII SMP Negeri 6 Kota Bengkulu. Jenis
penelitian ini adalah Quasi Experiment dengan desain penelitian Only Control
Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP
Negeri 6 Kota Bengkulu tahun pelajaran 2018/2019. Sampel diambil dengan
menggunakan teknik purposive sampling sehingga diperoleh siswa kelas VIII A
sebagai kelas TAI yang berjumlah 24 peserta didik dan kelas VIII B sebagai kelas
STAD yang berjumlah 23 peserta didik. Instrumen dalam penelitian ini adalah
lembar tes hasil belajar yang berbentuk essay. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa terdapat rata-rata hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan
model pembelajaran kooperatif tipe TAI lebih dari model pembelajaran kooperatif
tipe STAD di kelas VIII SMP Negeri 6 Kota Bengkulu, dengan setengah hasil sig.
= 0,0395 < 0,05 dan hasil belajar siswa kelas TAI adalah 52,125 dan hasil belajar
siswa kelas STAD adalah 42,304.
Kata kunci : teams assisted individualization, student teams achievement division, hasil
belajar

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 11 Jul 2023 03:10
Last Modified: 11 Jul 2023 03:10
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12693

Actions (login required)

View Item
View Item