UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII 2 SMP NEGERI 8 KOTA BENGKULU

Handholiza, hudzaifa Fitri and Yensy, Nurul Astuty and Hanifah, Hanifah (2019) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII 2 SMP NEGERI 8 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI_HUDZAIFA FITRI HANDHOLIZA_A1C015011.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_HUDZAIFA FITRI HANDHOLIZA_A1C015011.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara menerapkan model pembelajaran
kooperatif tipe Think Talk Write sehingga dapat meningkatkan aktivitas dan hasil
belajar matematika peserta didik. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan
Kelas. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas dan tes hasil
belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas belajar peserta didik
ditingkatkan dengan cara menunjuk secara acak peserta didik yang tidak membaca
untuk membacakan masalah di kelas, membimbing dan melibatkan peserta didik
secara aktif saat kegiatan mengamati, membuat pertanyaan, dan mengumpulkan
data, Peserta didik diatur dalam kelompok belajar yang heterogen berdasarkan nilai
tes, keaktifan dan kedekatan peserta didik, menghampiri dan membimbing peserta
didik yang mengalami kesulitan saat menuliskan kesimpulan, memberikan nilai
tambah bagi peserta didik yang aktif. Peningkatan aktivitas belajar dapat dilihat dari
rata-rata skor pada lembar observasi aktivitas belajar peserta didik siklus I sampai
siklus III secara berturut-turut: 20,25 (kriteria cukup aktif); 27,625 (kriteria cukup
aktif); 33,5 (kriteria aktif). Hasil belajar peserta didik dapat ditingkatkan dengan
cara memberikan suatu permasalahan yang akan memancing pengetahuan awal
peserta didik. Peserta didik dibimbing untuk menemukan konsep dan penyelesaian
soal. Peserta didik menuliskan kesimpulan dengan bahasanya sendiri. Memberikan
latihan soal kepada peserta didik dan memberikan motivasi serta bimbingan lebih
kepada peserta didik yang belum tuntas pada tiap siklus. Peningkatan hasil belajar
peserta didik dapat dilihat dari nilai rata-rata Tes Hasil Belajar peserta didik siklus
I sampai siklus III yaitu 63,74; 74,78; dan 81,33 dengan persentase ketuntasan
belajar klasikal dari siklus I sampai siklus III yaitu 40,74 %, 59,26 %, dan 77,78%.
Kata kunci: Pembelajaran Kooperatif, Think Talk Write, Pendekatan Saintifik,
Aktivitas belajar, Hasil belajar

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 11 Jul 2023 03:24
Last Modified: 11 Jul 2023 03:24
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12697

Actions (login required)

View Item
View Item