Jatra, Nofri Dwi and Yensy, Nurul Astuty and Syafdi, Maizora (2019) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI PADA POKOK BAHASAN KOORDINAT KARTESIUS KELAS VIII SMP NEGERI 4 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI NOFRI DWI JATRA_A1C014059.pdf [thumbnail of SKRIPSI NOFRI DWI JATRA_A1C014059.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI NOFRI DWI JATRA_A1C014059.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (8MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan lembar kerja peserta didik
matematika berbasis model pembelajaran inkuiri pada pokok bahasan kelas VIII
di SMP Negeri 4 Kota Bengkulu yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan
efektif. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and
Development) dengan memodifikasi prosedur 4-D Thiagarajan menjadi 3 Tahapan
yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), dan tahap
pengembangan (develop) yang terdiri dari uji validitas, uji kepraktisan, dan uji
efektifitas. Validasi LKPD dilakukan oleh dua orang validator. Kepraktisan
LKPD diuji pada lima belas peserta didik kelas VIII.4 SMP Negeri 4 Kota
Bengkulu semester ganjil tahun ajaran 2018/2019. Efektifitas LKPD diuji pada
tiga puluh satu peserta didik kelas VIII.3 SMP Negeri 4 Kota Bengkulu semester
ganjil tahun ajaran 2018/2019. Instrumen penelitian terdiri dari lembar validitas
LKPD, lembar kepraktisan LKPD, dan lembar efektifitas LKPD. Hasil penelitian
menunjukan bahwa Pengembangan LKPD Matematika Berbasis Model
Pembelajaran Inkuiri Pada Pokok Bahasan Koordinat Kartesius Kelas VIII di
SMP Negeri 4 Kota Bengkulu termasuk dalam kategori : (a) sangat valid
berdasarkan aspek materi, konstruksi dan bahasa dengan skor rata-rata 4,44,
(b) sangat praktis dengan skor rata-rata 4,64, (c) sangat efektif dengan rata-rata
89,92 berdasarkan : (1) aktivitas peserta didik dengan skor rata-rata 91,25 dalam
kategori sangat baik; (2) respon peserta didik dengan skor rata-rata 94,72 dalam
kategori sangat baik; dan (3) hasil belajar peserta didik dengan rata-rata 85,31
dalam kategori sangat baik dan mencapai ketuntasan klasikal 90,32%.
Kata Kunci : Inkuiri, Lembar Kerja Peserta Didik, Penelitian Pengembangan
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 11 Jul 2023 04:21 |
Last Modified: | 11 Jul 2023 04:21 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12707 |