PENGARUH PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR PADA SISWA MTs NEGERI 1 KOTA BENGKULU

Hutari, Rahma Roza and Susanta, Agus and Nurul, Astuty Yensy (2019) PENGARUH PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR PADA SISWA MTs NEGERI 1 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI_RAHMA ROZA HUTARI.pdf] Text
SKRIPSI_RAHMA ROZA HUTARI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pendekatan Realistic
Mathematics Education Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Materi
Bangun Ruang Sisi Datar Pada Siswa MTs Negeri 1 Kota Bengkulu. Jenis
penelitian ini adalah Quasi Experiment dengan desain penelitian Nonequivalent
Posttest-Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Kota Bengkulu tahun pelajaran 2018/2019.
Sampel diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling sehingga
diperoleh siswa kelas VIII C sebagai kelas realistic mathematics education yang
berjumlah 33 peserta didik dan kelas VIII D sebagai kelas saintifik yang
berjumlah 34 peserta didik. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar tes
pemahaman konsep yang berbentuk essay. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
ada pengaruh yang signifikan pendekatan Realistic Mathematics Education
(RME) terhadap kemampuan pemahaman konsep materi bangun ruang sisi datar
pada siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Kota Bengkulu, dengan ∝ = 0,05 diperoleh
perhitungan thitung = 8,523 dan ttabel = 1,997 . Rata – rata hasil belajar siswa kelas
realistic mathematics education adalah 76,07 dan rata-rata hasil belajar siswa
kelas saintifik adalah 57,36.
Kata Kunci: Pemahaman Konsep; Pendekatan Realistic Mathematics Education;
Pendekatan Saintifik

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 11 Jul 2023 04:34
Last Modified: 11 Jul 2023 04:34
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12711

Actions (login required)

View Item
View Item